DPRD Kota Manado Gelar Hearing Bersama K-SBSI Manado

Manado, Topiksulut.com – DPRD Manado menggelar Hearing bersama Federasi K-SBSI Manado, untuk menindaklanjuti permintaan KBSI Manado terkait aksi demo yang dilakukan, senin (30/4/2018) lalu, yang meminta agar THL penyapu jalan diperhatikan oleh pemerintah.

Hearing yang di gelar di ruang paripurna DPRD Manado tersebut, dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang didampingi anggota Komisi D, Abdul Wahid IbrahimĀ  serta turut dihadiri Asisten I Pemerintah Kota Manado, Micler Lakat, Disnaker dan Dinas Lingkungan Hidup.

Adapun permasalahan pada buruh yang disampaikan Ketua KBSI Kota Manado, Romel Sondakh. Nasib buruh sampah tidak ada BPJS Kesehatan, serta alat kerja seperti, sapu, karung dan skep disediakan sendiri, padahal mereka bekerja untuk pemerintah. Dirinya pun menambahkan setiap tahun gaji buruh sejak Desember nanti diterima Februari.

“Setidaknya Pemerintah mesti konsisten dan DPRD bisa membuat regulasi untuk buruh kebersihan. Soal gaji hanya Sario dan Mapanget tepat waktu,” ungkap Romel Sondakh.

Sementara itu, Richard Sualang mengatakan DPRD Kota Manado bakal mendesak pemerintah Kota Manado agar administrasi buruh sampah diprioritaskan serta mendaftarkan mereka di BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan.

“Kami hanya bisa mendorong. Walaupun waktu lalu Wali Kota sudah instruksikan bayar tepat waktu untuk gaji buruh kebersihan. Karena itu asisten Pemerintahan mesti tegur pejabat, selanjutnya KBSI masukan data pekerja kebersihan yang dipecat dan kalau masih layak kami bakal minta untuk dipekerjakan lagi,” kata Richard Sualang. (Aldy)