Doa Bersama dan Lawan Terorisme, Ini Pernyataan Sikap GAMKI Mitra

PERNYATAAN SIKAP: Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, TNI-POLRI saat membacakan pernyataan sikap bersama menolak dan lawan teroris, Selasa (16/5/2018) malam. (foto ist)
TOMBATU, TOPIKSULUT.COM-Doa bersama dan aksi damai dengan melakukan pemasangan seribu lilin untuk indonesia serta orasi kebangsaan yang digagas GAMKI Mitra di Depan Mapolsek Tombatu, Selasa (15/5/2018) malam.
Ini Pernyataan Sikap GAMKI Minahasa Tenggara (Mitra) yang dibacakan bersama Pemerintah Kecamatan Tombatu, Kapolsek Tombatu, Pabung Mitra, Tokoh agama Muslim dan Kristen, KNPI dan Milisi Waraney Mitra.
Pertama,  Mengecam tindakan terorisme dan kekerasan atas nama apapun yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memecah belah persatuan bangsa ataupun menggiring Negara ini menjadi sebuah Negara yang tidak lagi berdasarkan pada Pancasila.
Kedua, Meminta kepada pemerintah dan aparat keamanan untuk segera mengusut tuntas peristiwa pengeboman terhadap beberapa gereja di Surabaya. Bahkan menegakkan hukum yang tegas atas pelaku beserta jaringan-jaringannya. Disamping juga memberikan keterangan serta informasi yang jelas agar tidak terjadi kesimpangsiuran di masyarakat.
Ketuga, Meminta kepada Politisi ataupun seluruh pemangku kebijakan tidak mengomentari peristiwa ini secara berlebihan dan menggoreng isu ini sebagai komoditas Politik sesaat yang mengarah kearah yang destruktif.
Empat,  Tidak menggunakan media sosial untuk menyebarkan ujaran kebencian dan wacana-wacana yang bisa semakin memperkeruh suasana.
Lima, Mendesak kepada DPR RI dan Pemerintah segera mempercepat dan mengesahkan RUU Anti Terorisme sebagai payung hukum untuk mengatasi keberulangan peristiwa seperti ini di masa yang akan datang.
Enam,  Mendesak kepada Negara (Pemerintah) untuk menjamin kebebasan serta keamanan beribadah bagi seluruh warganya.
Tujuh, Menyerukan kepada anggota, kader GAMKI dan seluruh Angkatan Muda Kristen, agar tetap waspada dan berjaga-jaga di tempat dan sekitar masing-masing demi menjaga keamanan dan kenyamanan jemaat dalam beribadah Mengecam tindakan terorisme dan kekerasan atas nama apapun yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memecah persatuan dan kesatuan bangsa.
Hadir tokoh Agama Kristen, Pdt Reky T Rantung STh, Tokoh Agama Islam Ustad David Tiow, Pabung Mitra Mayor Infantri Frangky Kalo, Kapolsek Tombatu Iptu Wensy H Saerang SE, Ketua Waraney Mitra Dedy Dokal, Ketua KNPI Mitra Ruland Sandag dan Camat Tombatu Hesky Kumesan SH. (otnie)
Baca juga:  Luar Biasa! James Sumendap Hadirkan Jokowi di Kongres GMNI ke-XX Manado