Sempat Heboh Ternyata Ini Si Pemilik ‘Koper Misterius’

Topiksulut.com /Sulut/ Teka-teki pemilik koper berwarna hitam yang menimbulkan rasa penasaran dan kecurigaan masyarakat Sulawesi utara, khususnya warga kota Manado terjawab sudah.

Rabu (16/5/2018) selama dua jam sejak Pukul 19.00 Wita hingga Pukul 21.00 Wita Jalan Raya di Pertigaan Dekat Tugu Wolter Monginsidi, Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulut ditutup.

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manado sengaja menutup sementara jalan tersebut sebagai prosedur pengamanan ledakan.

“Di lokasi tepatnya di atas Trotoar ditemukan ada koper hitam yang mencurigakan. Saya mendengar informasi dari masyarakat sehingga langsung ke lokasi,” ujar Kapolresta Kombes FX Surya Kumara.

Selanjutnya masih dalam rangkaian prosedur untuk pengamanan dalam radius 100 meter tidak boleh ada siapapun yang mendekat.

Garis polisi tampak dipasang. Batas radius 100 meter pun tampak aparat kepolisian berjaga.

Baik dari Tim Paniki, Sabhara, Sat Reskrim,  Polsek Malalayang, Identifikasi, dan personel Polresta Manado lainnya.

Tim Jibom Brimob Polda Sulut kemudian tiba dan langsung melakukan tindakan. Dengan pakaian body armor anti ledakan dan alat lengkap, tampak seorang personel Jibom mendekat perlahan-lahan.

Tampak dia meletakkan beberapa alat x ray untuk mengecek apa yang ada didalam.

“Dan terlihat ada rangkaian kabel di dalam koper. (ternyata hanya catok dan kabel charge). Itu yang membuat kita membuka paksa,” ujar Kasat Brimob Polda SulutKombes Iskandar.

Tak lama kemudian, Kapolresta Manado Kombes FX Surya Kumara bersama dengan personel Brimob mendekati masyarakat dan meminta agar berlindung.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Ibrahim Tompo menegaskan bahwa itu bukan bom. “Diimbau kepada masyarakat agar jangan sembarangan menyebarkan informasi. Sudah dibuka bahwa itu bukan Bom,” ujar kabid humas.

Sementara itu diketahui pemilik tas tersebut bernama Irsyad warga Matali, Kota Kotamobagu.

Di depan Mapolda Sulut pemilik tersebut mengaku bahwa tas tersebut terlupakan.

“Tas itu kebetulan kami lupa saat berada di lokasi karena barang milik kami cukup banyak,” ujarnya.

Sebelum melihat barang ia menjelaskan isi dari dalam tas, dan benar sesuai penjelasannya isi tas tersebut sama.

(CM)