DPW Nyatakan Dukung JS-Oke, Pengurus Partai Nasdem Mitra Mundur Masal

DUKUNG JSOKE: Ketua DPW Partai Nasdem Sulut Elman Saragih saat memberikan dukungan kepada paslon Bupati Mitra James Sumendap, Jumat lalu. (foto ist)
RATAHAN, TOPIKTSULUT.COM-Pasca DPW Partai Nasdem Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyatakan dukungan kepada Paslon James Sumendap SH dan Drs Joucke Yesaja Legi (JS-Oke), pengurus DPD hingga tingkat desa menyatakan mundur dari kepengurusan Partai Nasdem secara masal.
Besok semua pengurus akan bergerak ke kantor DPD Partai Nasdem di Ratahan untuk menurunkan semua atribut Partai Nasdem. Jadi sere jam 3 besok, Minggu (27/5/2018) pengurus dan anggota partai sudah berkumpul di Ratahan,” kata Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Sammy Tongkotow kepada media ini Sabtu (26/5/2918).
Sammy menyebut, pengunduran masal ini bukan hanya grrtak sambal,karena sudah dibahas dalam rapat dengan jajaran pengurus DPD, Pengurus Kecamatan dan Desa. Hasil kesepakatan kita akan mengundurkan diri secara masal dari partai Nasdem dan akan pindah ke Partai Berkarya.
“Iya. Semua akan mengundurkan diri secara masal, sampai Bacaleg yang sudah mendaftar. Semua akan beralih ke Partai Berkarya,” tegasnya.

Sammy mengatakan, menyayangkan keputusan yang diambil Ketua DPW Sulut Elman Saragih yang memberikan dukungan pada paslon tunggal di Pilkada Mitra.

“Sangat disayangkan kaputusan yang diambil oleh Ketua DPW Elman Saragih, yang memberikan dukungan kepada JS OKE,” ujar Tongkotow, dengan nada kecewa, Sabtu (26/5) malam ini.

Dia menambahkan, sikap yang diambil DPW ini tanpa berkordinasi dengan DPD, hal ini membuat kecewa semua kader yang ada di Mitra.

“Ini keputusan DPW tanpa berkordinasi dengan DPD, dan secara tidak langsung DPW tidak menghargai kami yang di DPD. Yang selama ini kami bekerja keras untuk membesarkan partai ini. Keputusan yang diambil ini juga tanpa milhat kondisi di Mitra,”sindirnya.

Sementara, Sekretaris DPW Partai Nasdem Sulut DR Victor Mailangkay MH saat dikonfirmasi mengatakan, sampai saat ini dirinya belum mendapat info tentang masalah ini dari Ketua DPW Sulut, tapi ada satu hal yang wajib menjadi sikap seluruh kader dan Pengurus Partai NasDem.

Mantan Politisi senior Partai Golkar ini menyatakan, kader partai wajib loyal tegak lurus terhadap setiap keputusan dan kebijakan politik yang diambil oleh Ketua Umum DPP Partai Nasdem dan jika Ketua DPW ambil sikap, maka hal itu dirinya yakin bukan sikap pribadi Elman Saragih, tapi hal itu pasti sikap Ketum Surya Paloh atau setidaknya telah dikonsultasikan dan diberikan green light.

“Setelah itu pasti akan segera dikomunikasikan dengan jajaran Partai NasDem sampai ketingkat DPD, DPC dan DPRt di Kabupaten Mitra. Karenanya saya mengajak dan mohon kiranya kaka Pengurus DPD, DPC dan DPRt Partai NasDem di Mitra untuk tetap tenang dan jangan reaktif sampai dengan ada penjelasan resmi dari Ketua DPW Sulut,” pinta Vicktor yang juga mantan Anggota DPRD Sulut ini. (otnie)