Ini yang Dikatakan Lontaan Terkait Stok Kebutuhan Pangan Jelang Idul Fitri di Minahasa

Tondano-Stok kebutuhan pangan masyarakat di Kabupaten Minahasa dalam menghadapi perayaan Idul Fitri 2018 yang tinggal 8 hari kedepan, dipastikan aman. Kepastian tercukupnya stok maupun kestabilan harga bahan pokok masyarakat ini setelah tim terpadu melakukan pengecekan dan pengawasan di sejumlah Pasar Tradisional, moderen maupun para distributor di Kabupaten Minahasa. Hal ini diungkap Kadis Perdagangan Minahasa, Moudy Lontaan, Jumat (8/6).

Menurut Lontaan, pengecekan stock maupun kestabilan bahan kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Minahasa, khususnya Tondano karena merupakan pusat sentra ekonomi telah aman.

“Dan untuk pengawasan situasi dan kondisi pangan di pasar tradisional, modern dan distributor, diseluruh Kabupaten Minahasa telah dilakukan. Harga cenderung naik, namun stock pangan aman,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Lontaan mengakui, dalam pengawasan yang dilakukan, umumnya kondisi diseluruh pasar sudah terjadi peningkatan aktifitas jual beli dan harga bahan pangan cenderung naik.

“Namun stock pangan ditingkat pengecer dan distributor masih aman dan cukup serta distribusi dari distributor tetap jalan dan lancar memenuhi kebutuhan Masyarakat,” jelasnya.

Lontaan menambahkan, jika ada kenaikan harga mencolok pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi . Seperti dari mulai operasi pasar hingga menggelar lapak-lapak bahan pokok yang dikoordinir oleh Pemerintah Daerah.

“Aman pokoknya aman. Strategi kita, kita buka lapak bersama. Kita juga gencarkan dengan operasi pasar kita monitor harga naik kita operasi pasar,” tegasnya sembari menambahkan, untuk harga di setiap Ritel harus mengikuti Harga Eceran Tertinggi (HET).(sandy)