Antisipasi Antusiasme Wisman, Gubernur Desak Pemerintah Pusat Percepat Perluasan Bandara Sam Ratulangi

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Sebagai antisipasi pertumbuhan pergerakan penumpang yang sangat tinggi khususnya dengan adanya peningkatan wisatawan asing (penerbangan internasional) sebesar 80% beberapa waktu terakhir ini, maka diperlukan infrastruktur penunjang.

Mengantisipasi hal tersebut, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE terus berupaya melakukan lobi ke pemerintah pusat untuk melakukan percepatan renovasi dan perluasan bandara Sam Ratulangi Manado.

Hal ini untuk menunjang komitmen Gubernur dalam membangun Sulut di sektor pariwisata, dengan adanya fasilitas bandara yang baik membuat para turis nyaman saat menginjakan kaki mereka di Bumi Nyiur Melambai.

Renovasi bandara diperlukan mengingat dalam rentan waktu tahun 2012 -2017 aktivitas bandara Sam Ratulangi tercatat sebanyak 2,71 juta penumpang (6%) , 27,89 ribu pesawat (10,04 %), 14, 76 ribu ton cargo (5,68 %). Melihat angka yang terus naik, maka Gubernur menganggap wajar jika Bandara Sam Ratulangi harus di renovasi. Untuk itu Gubernur Melakukan Lobi ke pemerintah pusat dalam hal ini pihak Kementrian Perhubungan dan Angkasa pura 1, berkat lobi tersebut realisasi renovasi bandara bisa segera dilaksanakan.

Baca juga:  Legislative SulutGo Expo 2018  Wakil rakyat yang merakyat

Rencananya program renovasi bandara melipiti Beautifikasi Terminal, Perluasan Terminal dan Fasilitas Penunjangnya, Perpanjangan Runway sebesar 30.000 m²,. Semuanya akan dilaksanakan bertahap sejak tahun 2018. (Chris)