Pelindo Gandeng Datun Kejati Sulut Lanjutkan Kerjasama

Sulut134 Dilihat

TOPIKSULUT.COM, SULUT – PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV kembali melanjutkan kerjasama di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut) dengan telah penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) , Selasa (14/8/2018) sekitar pukul 15.00 Wita di Aula Kejati Sulut.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut M. Roskanedi, SH dan Direktur SDM dan Umum M. Asyhari mewakili PT. Pelindo IV.

Tidak hanya itu, Penandatangan MoU juga diikuti oleh Kepala Kejaksaan Negeri Manado Maryono, SH.MH dengan General Manager PT. Pelindo IV Cabang Manado Ramdan Affan Kiai Demak serta Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung Ariana Juliastuty, SH.MH dengan General Manager PT. Pelindo IV Terminal Peti Kemas Bitung I Made Herdianta Gautama.

Kajati dalam sambutannya mengatakan bahwa MoU di laksanakan berkaitan dengan perdata dan tata usaha negara artinya apa, dalam MoU ini kami akan membantu, mendampinggi PT. Pelindo IV kalau ada masalah-masalah yang berkaitan dengan perdata dan tata usaha negara.

“Salah satu bagian yang bisa kami bantu sambung Kajati adalah apabila PT. Pelindo IV ada gugatan dari pihak ketiga atau hutang pihak lain yang harus di tagih dan selama ini terkendala penagihannya kami bisa membantu menagih hutang itu sehingga tidak ada lagi beban dari PT. Pelindo IV untuk tanggung piutang yang tidak terbayar,” ujar Kajati.

Baca juga:  Menteri PUPR Lantik Silangen Jadi Ketua PERGATSI dan PODSI Sulut

Masih menurut Kajati, kegiatan di bidang perdata dan tata usaha negara khusus mendampinggi kalau berhadapan dengan pihak lain dalam hal permasalahan di bidang perdata dan tata usaha negara.

“Apabila di dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur atau pengadaan barang dan jasa yang butuh pengawalan dan pengamanan kami pun siap untuk mengawal dan mengamankan,” tambah Kajati.

Dalam hal ini, artinya bahwa setiap permintaan yang berkaitan dengan pengamanan harus datang dari pihak untuk tingkat propinsi bisa melalui Kejati atau Kejari yang bersangkutan untuk Kabupaten/Kota.

“Jadi ada dua sisi, semua ini adalah untuk mengamankan kebijakan pimpinan, mengamankan kebijakan negara yang dibebankan kepada bapak/ibu sekalian dari Pelindo IV. Apapun yang menjadi tugas yang di bebankan negara kepada PT. Pelindo IV menjadi menjadi bagian juga tugas dan tanggung jawab kami setelah kita menanda tangani MoU ini, ” jelas Kajati.

Selain itu, Kajati juga mengingatkan kepada Jaksa Pengacara Negara (JPN).

“Saya berharap untuk tidak bermain-main dengan apa yang menjadi kepercayaan kepada kita, laksanakan semuanya itu dengan niat yang tulus untuk membangun bangsa dan negara Indonesia,” tegas Kajati.

Kajati mengucapkan terima atas kepercayaan yang di berikan kepada kejati Sulut.

“Mudah-mudahkan amanah dan akan dijaga sebaik baiknya dan akan kami buktikan bahwa kami bisa bekerja sesuai dengan apa yang di harapkan,” pungkas Kajati Sulut.

Baca juga:  Lakukan Pertemuan Perdana, Sekprov Berikan 'Wejangan' Bagi ASN/THL Setdaprov Sulut

Sementara, Direktur SDM dan Umum M. Asyhari meminta para General Manager di Lingkungan PT. Pelindo IV untuk memperluas manfaat Mou tersebut baik di Tingkat Kejati maupun Kejari.

“Untuk para General Menager, tolong perluasan manfaat dari MoU ini, bukan sekadar hanya sebatas yang normatif seperti yang sekarang dilakukan. Kalau ada piutang-piutang kita yang macet, ada mitra-mitra kita yang nakal tolong dikoordinasikan dengan Jaksa Pengacara Negara baik di tingkat Kejati maupun Kejari setempat. Pengalaman kami waktu di Medan, ini sangat efektif dalam mengawal uang negara” tutur
Asyhari dalam sambutannya, sembari juga mohon arahan Kajati untuk teknis pelaksanaan MoU kedepan.

“Saya mohon perkenan Pak Kajati memberikan arahan kepada kami untuk menjadi bekal bagi kami dalam pelaksanaan teknis dari MoU ini” minta Asyhari mengakhiri sambutannya.

MoU berlangsung dengan baik dan lancar, turut hadir Wakajati Sulut Andi M. Iqbal Arief, SH.MH, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Asisten Pengawasan.

Para Koordinator serta para Kepala Seksi di Bidang Datun Kejati Sulut, dan Kepala Seksi Datun Kejari Manado dan Kejari Bitung serta Kepala Seksi Penerangan Hukum Yonny E. Mallaka, SH., dan dari pihak PT. Pelindo IV turut hadir seluruh General Manager serta pejabat-pejabat struktural di lingkungan PT. Pelindo IV.
(*/ely)