Pemkab Minahasa MOU dengan BPJS kesehatan

Minahasa118 Dilihat

TopikSulut– Minahasa. Langkah sigap diambil Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (RD), untuk warga Minahasa, pasca keduanya dilantik.

Tak mau berlambatan, ROR-RD langsung melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tondano, tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi seluruh penduduk Kabupaten Minahasa, dalam rangka Universal Health Coverage, yang nantinya didanai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, bertempat di gedung Wale Ne Tou Tondano, Kamis (27/09) siang.

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemkab Minahasa yang diwakili Bupati ROR dan BPJS Kesehatan Cabang Tondano yang diwakili Kepala BPJS Doni Jembar Saefudin SKom ini, disaksikan langsung Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Minahasa Dr Denny Mangala SH, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr Wilford Siagian MA, Asisten III Bidang Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, serja jajaran pejabat Pemkab Minahasa, Camat, Hukum Tua dan Lurah se-Kabupaten Minahasa.

Baca juga:  Bupati ROR sampaikan rancangan KUPA 2019 dan KUA PPAS-APBD 2020 di Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano Doni Jembar Saefudin SKom, dalam laporannya menyampaikan bahwa, per tanggal 1 September 2018, jumlah penduduk yang telah memiliki jaminan kesehatan melalui program JKN-Kartu Indonesia Sehat (KIS), di Kabupaten Minahasa sebanyak 78,29 persen, dari jumlah penduduk yang ada.

Selanjutnya, per 1 oktober 2018 nanti, capaian tersebut akan meningkat seiring dengan komitmen dari Pemkab Minahasa, yang hadir memberikan proteksi kesehatan bagi para penduduknya dengan menambah penduduk yang belum memiliki Jaminan Kesehatan untuk diikut sertakan.

“Terima kasih kepada Pemkab Minahasa, serta seluruh pemangku kepentingan yang turut mendukung program strategis JKN-KIS ini, sehingga dapat berjalan dengan baik dan cakupan Jaminan Kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia dapat diwujudkan,” ujarnya sembari menyampaikan ucapan selamat kepada ROR-RD yang beru dilantik.

Sementara, Bupati ROR dalam sambutannya, menyampaikan rasa syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, sehingga penandatanganan MoU ini bisa terlaksana, antara Pemkab Minahasa dengan BPJS Kesehatan Cabang Tondano. ROR berharap, pihak BPJS Kesehatan Cabang Tondano dapat mensosialisasikan ditingkat Kecamatan ataupun di Desa dan Kelurahan, apa yang menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan masyarakat, serta apa yang menjadi hak atau apa yang akan diterima masyarakat dalam kepesertaan di BPJS Kesehatan.

Baca juga:  Kapolres Minahasa  Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Tahun Baru 2023

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Tondano, atas kerja sama yang boleh terjalin ini. Semoga kerjasama dan kesepakatan ini dapat menjadi berkat bagi rakyat Minahasa. Mari kita sukseskan program-program yang mendukung Pemerintah, sehingga apabila ada keluhan dari masyarakat dapat kita tanggulangi bersama. Keluhan dapat disampaikan nanti di R3D Call Center yang bahkan akan di kembangkan menjadi R3D (Reaksi Respon Relief Daerah, red) Comment Center,” jelasnya