Gelar FGD, Dinas PUPRD Diap Terbitkan Perda Pengelolaan Jaringan Irigasi

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – .Bahas soal permasalahan, pemetaan dan perumusan dalam pengelolaan Irigasi, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemprov Sulut, (Kamis 22/11/2018) menggelar Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Naskah Akademik Ranperda Tentang Irigasi dengan menghadirkan narasumber dari Tim Legal Drafter Kemenhumham yang dikoordinir Frangky H Zachawerus dan Kasubag pada Biro Hukum, J Pontoh.

Adapun kehadiran para narasumber tersebut mendapat apresiasi dan di sambut baik oleh masyarakat khususnya petani yang disuarakan oleh Perwakilan Petani Pemakai Air (P3A) karena dengan adanya payung hukum nantinya tentu berdampak baik pada tertibnya pengolaan irigasi dan yang pasti peningkatan hasil pertanian sesuai Program Nawacita Presiden Joko Widodo.

Kepala Dinas PUPR Pemprov Sulut Steve ST, M.Si dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa tujuan dari FGD kali ini yaitu untuk merumuskan serta memetakan setiap masalah dalam pengelolaan itigasi sehingga bisa dibakukan dalam satu peraturan guna meminimalisir konflik dan maslaah dilapangan.

“Jadi jelas, tujuan FGD kita kali ini untuk merumuskan cara dalam menangani masalah pengelolaan itigasi dilapangan, biar nanti hasilnya bisa disusun dalam naskah akademik untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda)”, jelas Kepel.
Menurut Kepel, Perda terkait dengan Irirgasi memang sudah seharusnya sefera diterbitkan, mengingat dengan adanya Perda tersebut dapat memproteksi serta meminimalisir setiap permasalahan dilapangan terkait irigasi.
“Memang sudah seharunya diterbitkan, ini untuk memproteksi pengelolaan irigasi dilapangan, makanya jika sudah disahkan Perda-nya, setiap sistem baik pengelolaan, kelembagaan, aset infrastruktur,  batasan kewenangan, pembiayaan, penyalagunaan kewenangan, penyalagunaan jaringan, pembinaan dan pengawasan serta larangan dan sangsi dan alih fungsilahan irigasi”, sambungnya.

Turut mendampingi Kepala Dinas dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas Ir. Alexander Wattimena M.Si, Kepala Bidang SDA Ir. A. Tamengkel, Kepala UPTD Balai Bina Teknik Ir. Frans Timah, M.Si, Kasubag Kepegawaian dan Hukum Dinas PUPRD, Billy Wowiling, SSTP, M.Si. (Chris)