SiRUP Versi 2.3 Siap Diterapkan, JR : Ini Akan Memudahkan Masyarakat Mengakses Pengadaan Barang/Jasa

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN –Melalui Biro Perlengkapan Setdaprov Sulut yang dinakhodai oleh Jemmy Ringkuangan AP. M.Si, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) berancang-ancang menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) versi 2.3.

Hal ini terkuak pasa saat acara sosialisasi Aplikasi  SiRUP versi 2.3  (Selasa 4/12/2018) Biro Perlengkapan yang digelar di Ruang F.J Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut, dengan dibuka secara langsung oleh Kepala Biro.
“Jadi memang secara nasional SiRUP versi 2.3 ini merupakan aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai alat pengumuman Rencana Umum Pengadaan (RUP) baik dari Kementerian, Lembaga tertentu hingga pemerintah daerah, agar masyarakat bisa memantau dan mengakses secara langsung proses pengadaan barang dan jasa”, jelas Ringkuangan.
Menurut Ringkungan latar belakang pelaksanaan sosialisasi aplikasi SiRUP versi 2.3 merupakan implementasi dari Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada pasal 22 ayar 2 bahwa pengumuman RUP perangkat daerah dilakukan setelah rancangan peraturan daerah tentang APBD disetujui bersama oleh pemerintah daerah dan DPRD.
“Jadi RUP ini memang merupakan bagian dari identifikasi kebutuhan barang/jasa yang diperlukan kementerian, lembaga, pemerintah daerah sebagai bagian dari penyusunan dan penetapan rencana penganggaran sampai dengan penyusunan kerangka acuan kerja.
Sosialisasi ini penting, mengingat aplikasi SiRUP telah diupdate menjadi versi 2.3, sejak Juli 2018”, sambungnya.
“Ada penambahan fitur terbaru untuk menyesuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahum 2018 dan aturan teknisnya diatur dalam keputusan deputi bidang monitoring-evaluasi dan pengembangan Sistem Informasi Nomor 26 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penggunaan aplikasi SiRUP,” sambungnya.
Adapun, tujuan sosialisasi ini adalah untuk mempermudah Pengguna Anggaran (PA) dalam mengumumkan RUP dimana pengguna langsung mengisi RUP dalam aplikasi dengan mengakses website sirup.lkpp.go.id.
Kegiatan ini diikuti oleh perangkat daerah se Provinsi Sulut dengan menghadirkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Aparata Sipil Negara yang menangani perencanaan dan afmin SiRUP. (CHRIS)