20 Duta Besar Hadiri HPN 2019

TopikSulut.com, SURABAYA – Sebanyak 20 duta besar dari berbagai negara sahabat siap menghadiri puncak kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Kota Surabaya, Jawa Timur pada 9 Februari 2019.

“Sebetulnya ada 23 duta besar yang diundang. Tapi yang bisa hadir 20 duta besar, sedangkan duta besar lainnya tidak bisa hadir karena ada suatu hal atau tugas dari negaranya, sehingga hanya bisa mengirim perwakilan saja,” kata Ketua Bidang Tamu-Tamu Asing Panitia Pusat Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Bob Iskandar, Jumat (8/2/2019).

Adapun duta besar negara sahabat yang sudah konfirmasi hadir yakni Amerika Serikat, Rusia, Mesir, Armenia, Pakistan, Maroko, Jepang dan lainnya.

“Mereka ada yang sudah tiba di Surabaya pada Kamis pagi, tapi ada juga yang Kamis sore atau besok Jumat (8/2) pagi,” lanjutnya.

Baca juga:  Hadiri Paripurna, Wagub Minta Pemerintah dan Anggota DPRD Jaga Sinergitas Kerja Demi Sulawesi Utara

Menurutnhya, kehadiran para duta besar kali ini dalam rangka ikut meramaikan puncak peringatan HPN 2019 di Surabaya yang rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Apalagi kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan bagi para duta besar.

Ia menjelaskan, untuk mengundang para duta besar itu tidak mudah karena perlu waktu lama untuk memutuskan. Untuk panitia pusat telah melakukan persiapan selama empat bulan.

“Kami sudah menghubungi duta besar negara-negara sahabat mulai jauh-jauh hari mulai Oktober 2018,” ungkap Bob Iskandar yang juga Direktur Konfederasi Wartawan ASEAN, Hubungan Internasional dan Kerja Sama, Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini. (TS/PANITIA)