Jajaki Sister City Dengan Gold Coast, Lomban Kunjungi Australia

Berita Utama, Bitung142 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban terus menseriusi kota kembar (sister city) dengan Kota Gold Coast, sebelah Timur negara bagian Queensland, Australia. Hal ini dibuktikan dengan melakukan kunjungan ke kota tersebut, Jumat(15/3) waktu setempat.

Kota tersebut berjarak 1 jam 20 Menit dari Sydney yang merupakan ibukota Australia dan berada dekat pantai dengan jumlah penduduk kurang lebih 500 ribu orang.

Kedatangan Lomban didampingi ketua TP PKK Kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung bersama rombongan di terima dengan  oleh Mayor of the City of Gold Coast, Tom Tate.

Dalam pertemuan tersebut, Lomban memaparkan tujuan kedatangan adalah untuk menjalin kerja sama lewat program kota Kembar atau Sister City antara kota Bitung dengan Gold Coast yang jika terealisasi sangat bermanfaat dalam memajukan berbagai program pemerintah diberbagai bidang antara lain pendidikan dan kepariwisataan.

Baca juga:  Sambiran Mengaku Tanggal Perayaan Hut Kecamatan Ranowulu Berdasarkan Prasasti

Kesempatan itu juga Lomban memaparkan keberadaan kota Bitung dengan berbagai pesona pariwisata serta letak geografis yang sangat ideal dalam pengembangan ekonomi di Asia Pasifik juga penerapan berbagai program prioritas pemerintah pusat bidang infrastruktur ke kota Bitung.

Hal ini disambut baik pemerintah Gold Coast. Tom mengatakan hal yang sama sudah di lakukan oleh Kota Makasar di bidang pariwisata dan pendidikan dalam bentuk pertukaran mahasiswa.

“Saya baru kembali dari Makasar bulan lalu untuk menandatangani MoU antara Makasar dan Gold Coast,” kata Tom.

Ia juga menambahkan, dalam waktu dekat ini akan membuka penerbangan dari manapun ke Gold Coast dan berharap berbagai iven penting dunia dilaksanakan di Gold Coast. “Kami akan membuat Gold Coast seperti di Bali,” ujarnya.

Baca juga:  Jelang Hut Kota, Pemkot Bitung Ziarah ke Makam Mantan Walikota

Lomban berharap kerja sama ini dapat segera terealisasi karena rencana pelaksanaan program ini sudah sejak 2 tahun yang lalu. (hzq)