JR: Budaya Adalah Akar Peradaban, Wanua Duasaudara Terbentuk

BITUNG, topiksulut.com – Komunitas pemangku adat Wanua Duasudara Kota Bitung resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan oleh Majelis Kebudayaan Minahasa Kota Bitung, Tunduan Bapak Fabian Kaloh. Kemudian dilanjutkan secara resmi di Kukuhkan oleh Walikota Bitung, Maurits Mantiri.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan syukur Hari Ulang Tahun (HUT) Kelurahan Duasaudara ke-98 dan digelar di lapangan J’RAD Keluarahan Duasaudara, Kota Bitung. Sabtu, (10/4) 2021.

Jemmy Ringkuangan saat menyambut kedatangan anggota DPR RI asal Sulawesi Utara, H. Herson Mayulu

Pembentukan kampung (wanua) adat menurut Jemmy Ringkuangan selaku pembina umum pemangku adat Wanua Duasudara mengatakan, pembentukan kampung adat ini adalah keterpanggilan dalam melestarikan budaya adat Minahasa.

Walikota Bitung Maurits Mantiri

“Budaya adalah akar peradaban. Karena itu kami sebagai generasi bangsa saat ini merasa terpanggil untuk melestarikan budaya dan adat-istiadat para leluhur yang positif dan konstruktif.” Tutur Ringkuangan.

Tarian Kabasaran

JR sapaan Jemmy Ringkuangan juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Walikota Maurits Mantiri yang telah mengukuhkan Wanua adat Duasaudara.

“Terima Kasih kepada Walikota Bitung Bapak Maurits Mantiri yang telah mengukuhkan Pemangku Adat Wanua Duasudara, serta berkenan memberikan sambutan dan arahan sebagai bentuk pengakuan negara terhadap eksistensi Wanua Adat Duasudara.” Ucap JR.

Walikota Bitung Maurits Mantiri bersama anggota DPR RI. H. Herson Mayulu dan Jemmy Ringkuangan

“Hadir juga secara khusus anggota DPR RI asal Sulawesi Utara, Bapak H. Herson Mayulu (Mantan Bupati Bolsel/politisi PDIP) yang telah berkenan memberikan sambutan dan bantuan bagi pengembangan organisasi, terima kasih banyak.” Tukas JR.

Jemmy Ringkuangan yang juga Ketua Umum Jaringan Anak Desa (JRAD) mengucapkan selamat kepada seluruh pemangku adat telah resmi dikukuhkan.

“Selamat bekerja para pemangku adat yang telah dilantik dan dikukuhkan oleh Negara, selamat bertugas.” Tutup JR.

Hadir mendampingi Walikota Bitung, Ketua TP-PKK dan Sekot, Bapak Audy Pangemanan serta Camat, Kapolsek dan pejabat Sipil, TNI, Polri lainnya. (Kim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *