Fantastis, 7 Kali Raih WTP, OD-SK Makin Kedepankan Transparansi Keuangan

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara patut berbangga, karena untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas laporan keuangan Pemprov Sulut tahun 2020, dibawah komando Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Sulut diserahkan langsung Anggota IV BPK RI Isma Yatun kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey sambil disaksikan Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen dan Kepala Perwakilan BPK RI Sulut Karyadi di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Sulut, Senin (3/5/2021).

Atas pencapaian itu, Gubernur Olly menegaskan komitmen Pemprov Sulut untuk lebih mengutamakan transparansi pengelolaan keuangan.

“WTP bukan tujuan terakhir, yang terutama transparansi dikedepankan,” kata Olly seraya mengapresiasi sinergitas antara Pemprov dan DPRD dalam membangun daerah.


Tapi di balik keberhasilan ini Gubernur Olly mengajak  jajaran Pemprov Sulut untuk tidak cepat berpuas diri dengan opini yang telah diraih  tapi secara terus menerus menjaga bahkan terus berpacu untuk melakukan pembenahan dalam melakukan  pengelolaan keuangan.

Gubernur juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran BPK RI yang telah optimal memeriksa dan menyerahkan hasil pemeriksaan atas LKPD Sulut Tahun Anggaran 2020, serta kepada pimpinan dan anggota DPRD Sulut atas penyelenggaraan rapat paripurna ini.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menganugerahkan kesehatan dan kekuatan, serta menuntun dan memberkati setiap langkah kerja kita dalam membangun daerah, memajukan bangsa dan mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Usai mengikuti rapat paripurna, Gubernur Olly menghadiri penyerahan LHP atas LKPD Kabupaten/Kota TA 2020 di Kantor BPK RI Perwakilan Sulut.

Diketahui, hampir seluruh kabupaten/kota di Sulut juga berhasil meraih WTP. Kecuali Kabupaten Minahasa Utara yang hanya meraih opini TW (Tidak Wajar).

Dalam kesempatan tersebut, Olly mengajak kepada seluruh bupati dan walikota di Sulut untuk mensyukuri pencapaian ini.

“Kita bersyukur karena apa yang menjadi harapan kita selama ini seluruh kabupaten/kota yang sudah mempertahankan. Saya kira mempertahankan hasil yang baik itu lebih berat dari menjalankan,” terangnya.

Lebih jauh, Olly berharap agar LHP dari BPK RI dapat memberikan dampak yang baik bagi kemajuan daerah.

“Semoga apa yang menjadi laporan hari ini bermanfaat besar bagi Sulut,” lanjutnya. (CHRIS/ADVETORIAL PEMPROV SULUT)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *