Majukan Sektor Perikanan, Olly Siapkan Pilot Project Bersama Menkop dan UKM

Topiksulut.com,Jakarta-Gubernur Sulut Olly Dondokambey melakukan Kunjungan Kerja (kunker) ke Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, di ruang kerjanya, Jakarta, Kamis 16 September 2021. Kunker ini dalam rangka membahas konsep pengembangan produk pertanian dan perikanan daerah berbasis Koperasi dan UKM.

Dalam kesempatan, Menteri Teten mengapresiasi gebrakan Gubernur Olly untuk memacu sektor pertanian dan perikanan. Untuk itu, Menteri Teten berjanji akan memberikan dukungan yaitu dengan menyiapkan beberapa skema untuk kelembagaan seperti koperasi nelayan juga pola korporatisasi petani.

Menkop UKM pun merespon positif dan menyampaikan pola ini akan langsung dijadikan Program Nasional yang akan dimulai dari Sulut. Dan direncanakan dalam waktu dekat, Menkop UKM dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono akan berkunjung ke Sulut untuk meluncurkan “Pilot Project” Koperasi Nelayan di Sulut. ”Ini momentum paling tepat, karena kebutuhan pangan dunia sangat tinggi. Jadi ekonomi pangan ini yang kita dorong sesuai arahan Presiden Jokowi,” tukasnya.

Baca juga:  Disambut Hangat, Ibu Rita Tamuntuan dan Istri Panglima TNI Kunjungi Stand Pameran Kriyanusa Sulut

Gubernur Olly Dondokambey menyambut baik dukungan ini serta menyampaikan berbagai langkah yang sedang dijalankan pemerintah daerah di bidang kelautan dan perikanan serta pertanian, antara lain melakukan intervensi mulai dari standardisasi produk hingga menyiapkan armada angkut pesawat yakni Garuda Indonesia.

Terkait program khusus koperasi nelayan, Gubernur Olly mengusulkan agar tidak hanya fokus di nelayan tetapi juga terintegrasi dengan penjualan. ”Jadi konsepnya koperasi yang membawahi nelayan akan terintegrasi dengan koperasi untuk penjualan hasil tangkapan ikan. Semua di bawah naungan koperasi. Model seperti ini akan membuat ekonomi keluarga lebih sejahtera dan koperasi juga maju,” tutur Gubernur Olly.

Turut hadir, Staf Khusus Kementerian Koperasi UKM RI Riza Damanik dan Michael Umbas.(*)