JG: Desa Wisata Adalah Investasi Jangka Panjang

Topiksulut.com,Minut-Desa wisata adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Pasalnya, desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Untuk itu, keberadaan desa wisata di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) merupakan salah satu usaha dalam menunjang perekonomian desa dimana masayarakat desa bisa merasakan dampaknya.

“Pengembangan desa wisata di Kabupaten Minahasa Utara adalah satu investasi jangka panjang yang harus kita lakukan,” ujar Bupati Minut, Joune Ganda saat mengikuti Webinar Road to Festival Desa Kreatif Indonesia 2021 Kabupaten Minahasa Utara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI), Kamis 14 Oktober 2021.

Kabupaten Minut, lanjut JG, sudah mempersiapkan desa yang akan dijadikan sebagai desa wisata. Salah satunya yaitu Desa Budo di Kecamatan Wori. Bahkan menurutnya, Kabupaten Minahasa Utara yang nantinya akan sangat berkembang dari segi kepariwisataan dengan adanya DPSP Likupang.

“Desa-desa wisata inilah yang akan menjadi penopang untuk menunjang DPSP Likupang. Bantuan berupa Balai Latihan Kerja (BLK) diberikan oleh pemerintah lewat kementerian ketenagakerjaan akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan SDM di desa wisata nantinya,” tambahnya.

Hadir juga dalam webinar ini adalah Menparekraf RI/Dewan Pembina DPP ADKI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) RI/Dewan Pembina ADKI Budi Arie Setiadi, Ketua Umum DPP ADKI Fikri El Aziz, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat, jajaran pimpinan ADKI Sulut serta Kepala Desa Bahoi dan Lembean di Minahasa Utara.(gebe)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *