Sempat Beredar di Manado, Polres Minut Tangkap Pelaku Peredaran Upal

Topiksulut.com,Minut-Polres Minut berhasil menyita uang palsu (Upal) sebanyak Rp160 juta yang rencananya oleh tersangka SM warga Matungkas akan diedarkan di Sulut. Namun, sekitar Rp37 juta upal sudah beredar di pasar 45 Kota Manado dan pasar Airmadidi. Hal itu disampaikan oleh Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo melalui Kasat Reskrim AKP Fandi Ba’u saat konferensi pers di Mapolres Minut, Rabu 27 Oktober 2021.

Penangkapan tersangka berdasarkan laporan masyarakat pada tanggal 9 Oktober 2021 yang saat itu tidak tahu jika uang yang akan dibayarkan di SPBU Kalawat merupakan uang palsu yang diberikan oleh pasangan sesama jenis yakni tersangka SM. Pelaku memberikan uang palsu sebanyak Rp2,3 jutaan melalui dua tahap dimana tahap pertama Rp300 ribu dan kedua Rp2 jutaan.

“Saksi tidak mengetahui jika uang yang akan digunakan merupakan upal yang diberikan tersangka,” ujar Fandi saat didampingi Kabag SDM AKP May Diana Sitepu.

Mendapatkan laporan tersebut, Resmob Polres Minut pun langsung bergerak mengamankan pelaku SM. Bahkan pengejaran terhadap sindikat pemasok uang palsu terus dilakukan hingga ke Kota Bitung. Di Bitung, Polres mengamankan barang bukti uang palsu sebanyak Rp164 juta yang disimpan menggunakan kertas HVS putih berlogo KPK (Koordinasi Pemberantasan Korupsi). Teman tersangka yang menyimpan upal di Bitung hanya dijadikan saksi karena tidak mengetahui jika uang yang disimpannya itu adalah palsu.

Diketahui, pelaku SM mendapatkan uang palsu dari salah satu kota di Pulau Jawa. Bahkan tersangka sebelumnya menjadi korban penipuan bisnis melipat ganda uang sehingga rugi hingga ratusan juta rupiah.
Pada saat rugi tersebut, pelaku ditawari rekan bisnisnya untuk mengedarkan uang palsu sebanyak Rp202.200.000.(gebe)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *