FPJI, FORJUBIR dan PMI Minut Berkolaborasi Gelar Donor Darah

Topiksulut.com,Minut-Penyediaan darah bagi yang membutuhkan, sudah menjadi tanggung jawab bersama sebagai umat manusia. Hal itu yang dirasakan oleh Forum Perempuan Jurnalis Indonesia (FPJI) Sulut dan Forum Jurnalis Biro (FORJUBIR) Minut
bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Minut dengan berkoloborasi menggelar aksi sosial donor darah, Rabu 1 Desember 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung TP PKK Minut dalam rangka memperingati hari lahirnya tokoh perempuan asal Minahasa Maria Walanda Maramis sebagai pahlawan nasional ini, ikuti oleh sejumlah pendonor baik perempuan dan lelaki. Alhasil, 14 kantung darah pun diperoleh dalam kegiatan ini.

Panitia kegiatan donor darah, Grace Wakari mengatakan, kegiatan sosial ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah PMI Minut.

“Sebagai jurnalis, kami sangat ingin membantu ketersedian darah bagi yang membutuhkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua FORJUBIR Minut, Joel Poluto mengatakan, peran pers sangat penting dalam mensosialisasikan pentingnya melakukan donor darah.

“Selain misi kemanusiaan, dengan mendonor darah akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh,” ujar Poluto.

Sekretaris PMI Minut, Melky Mewengkang memberi apresiasi terhadap insan pers di Minahasa Utara yang telah mengambil bagian dalam kegiatan donor darah.

“Peran pers dalam kegiatan donor darah sangat penting dalam mensosialisasikan kepada masyarakat akan manfaat melakukan donor darah,” ujar Mewengkang.

Dia mengatakan, kantong darah di PMI Minut setiap bulan kurang lebih 150 kantong lewat relawan pendonor.

“Meski demikian, jumlah itu masih akan dilakukan pemeriksaan lewat laboratorium untuk kelayakan darah. Jadi, tidak serta merta darah tersebut layak dipakai oleh yang membutuhkan, tapi harus disesuaikan dulu,” ujar Mewengkang seraya berharap kegiatan donor darah terus dilakukan demi ketersediaan darah untuk membantu pasien yang membutuhkan.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bingkisan bagi pendonor.(gebe)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *