Baik Dalam Pelayanan Izin Pertambangan, ODSK Dapat Penghargaan Dari KPK

Berita Utama, Sulut149 Dilihat

Topiksulut.com,Sultra-Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) RI, Komjend Pol Firlli Bahuri MSi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK) terkait layanan izin pertambangan yang memakai standar operasional prosedur melalui pencegahan terjadinya korupsi.

Pemberian penghargaan ini diterima langsung oleh Wagub Steven dalam rangkaian kegiatan Seminar Nasional Transformasi Perizinan Berbasis Risiko dalam Sektor Pertambangan di Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu 1 Desember 2021.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPK RI didampingi Wagub Kandouw mengunjungi stand Sulut. Tampak juga Kepala Inspektorat Provinsi Meiky Onibala MSi, Kadis ESDM Fransiskus Maindoka dan Kadis PM-PTSP Sulut Fransiscus Manumpil turut mendampingi Wagub Steven.

Baca juga:  Serahkan LKDP 2019, Pemprov Raih WTP, BPK Tidak Memberikan Pendapat (TMP) Untuk Bolmong

Ketua KPK RI, Firli Bahuri mengungkapkan, persoalan korupsi merupakan bagian dari 4 persoalan kebangsaan yang serius serta kejahatan kemanusiaan, karena merampas hak asasi manusia sehingga menjadikan kualitas pelayanan publik dan kualitas SDM turun. Disamping itu, ia juga mengingatkan kembali 5 peran kepala daerah dalam rangka mewujudkan tujuan negara yakni, mewujudkan tujuan negara, menjamin stabilitas politik dan keamanan.

“Program-program nasional dan daerah tidak akan bisa berjalan tanpa ada stabilitas politik dan keamanan yang terjadi. Untum itu para gubernur, bupati, walikota pandai-pandailah berkomunikasi dengan rekan-rekan legislatif. Bangun sinergi dengan kawan-kawan yang ada di parlemen, karena mereka memiliki kekuasaan luar biasa, terutama hak budgeting. Bapak tidak pernah bisa melaksanakan rancangan APBD tanpa persetujuan DPRD,” kata Firli.

Baca juga:  Bersama Kepolisian, Bapenda Sulut Gelar Razia, Atteng : Bisa Bayar di Tempat

Untuk diketahui, narasumber dalam seminar tersebut adalah diantaranya Staf Ahli Bidang Peningkatan Daya Saing Penanaman Modal Kementerian Investasi Heldy Satrya Putera, Staf Khusus Menteri ESDM Irwandy Arif dan Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Jamaluddin serta para narasumber lokal di Sultra.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut gubernur se-Sulawesi dan Kalimantan, sejumlah pejabat di lingkup Provinsi Sultra serta bupati dan walikota se-Sultra.(glen/*)