Temukan Pungli di Dinas Dukcapil, Mantiri Geram

Uncategorized134 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Komitmen Walikota Bitung dan Wakil Walikota, Maurits Mantiri dan Hengky Honandar untuk terus memberantas pungutan liar alias Pungli, nampaknya belum mampu diterjemahkan oleh jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Walikota Maurits Mantiri terlihat geram saat melakukan sidak di Dinas Capil, pagi tadi Selasa (18/01/2022) sekitar pukul 08. Dalam sidak tersebut terlihat jelas kekesalan Mantiri terhadap praktek-praktek pungli yang ternyata masih didapati dalam pengurusan administrasi kependudukan yang diduga, memanfaatkan peran calo dan orang dalam dinas Dukcapil sendiri.

“Kami tidak akan mentolerir praktek – praktek seperti ini. Saat kami sementara fokus untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, ternyata masih ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab apalagi membuat masyarakat jadi susah,” tegas Mantiri kepada sejumalah pegawai di Dinas Dukcapil.

Baca juga:  Gubernur Ajak Petani Kembalikan Kejayaan Tanaman Vanili Khas Sulut

“Saya sudah perintahkan inspektur untuk langsung lakukan pemeriksaan dan jika ditemukan memang ada oknum orang dalam baik itu ASN atau THL yang terlibat, saya minta kepala BKPSDM segera ambil tindakan tegas. Saya juga menghimbau kepada seluruh jajaran pemerintah kota Bitung untuk hati-hati dan stop melakukan hal-hal yang dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, khususnya terkait pelayanan publik. Berikan pelayanan yang terbaik bukan justru menyusahkan,” tegasnya.

Mantiri juga meminta kepada masyarkat untuk tidak lagi memberikan peluang kepada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti calo untuk melakukan pengurusan surat-surat apapun. “Masyarakat harap ikuti prosedur yang berlaku sesuai ketentuan. Jangan percaya calo. Apabila dipersulit silahkan langsung laporkan kepada kami, pasti akan segera kami tindak lanjuti,” pungkasnya. (hzq)