Di HUT Bolsel ke-14, Wagub Minta Maksimalkan Sekolah Kedinasan

Berita Utama, Sulut65 Dilihat

Topiksulut.com,Bolsel-Kabupaten Bolsel saat ini sudah genap umurnya ke 14 tahun. Berbagai perkembangan pun terjadi di daerah sehingga mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bolsel dalam rangka peringatan HUT ke-14 Kabupaten Bolsel, Kamis 21 Juli 2022.

Namun ada yang menarik dari penyampaian Wagub Kandouw dalam rapat paripurna yakni soal sekolah kedinasan yang belum berjalan optimal. Untuk itu, dirinya mendorong Pemkab Bolsel sesuai dengan mimpi Gubernur Sulut Olly Dondokambey agar memaksimalkan sekolah kedinasan.

“Pemkab Bolsel harus mendorong anak-anak harus ikut sekolah kedinasan. Tolong pak Bupati, beri pelatihan khusus dan tambah materi pembelajaran supaya banyak anak-anak Bolsel yang tembus level provinsi maupun level nasional,” pesan Wagub Kandouw.

Pada kesempatan yang sama juga, Wagub mengakui jika Bolsel telah banyak memberikan kontribusi positif pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Sulut.

“Peningkatan SDM yang paling positif ada di Bolsel. Indeks penanggulangan kemiskinan dari 18 persen menjadi 12 persen,” kata Wagub Kandouw.

Menurut Wagub Kandouw, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Salah satu yang tercepat bukan hanya di Sulut, tetapi di seluruh pulau Sulawesi.

“Selama 14 tahun sangat luar biasa dan harus ditingkatkan,” tandas Wagub Kandouw.

Wagub Kandouw memaparkan perkembangan gini ratio atau kesenjangan beda antara orang kaya dan miskin di daerah itu.

“Di Bolsel sangat kecil. Semakin kecil kesenjangan, Kamtibmas terkendali,” ungkapnya.

Orang nomor dua di Sulut ini mengakui, pencapaian ini berkat adanya sinergitas antara pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

“Ini semua karena adanya sinergitas horisontal dan semua masyarakat. Kita boleh berbeda, tapi urusan pembangunan kita semua harus kompak,” terangnya.

Wagub Kandouw pun berpesan agar target tahun depan harus lebih baik dari tahun sekarang.

“Tahun depan harus lebih bagus dari tahun ini. Target 2024 tingkat kemiskinan menjadi satu digit. Buat jadi 9,9 persen,” pesan Wagub Kandouw.

Diketahui, peringatan HUT Bolsel tahun ini bertemakan “Tumbuhkan Semangat Solidaritas, Bersatu Bergerak Maju”.

Nampak hadir Sekdaprov Praseno Hadi, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, Wabup Bolsel Deddy Abdul Hamid, para pemangku daerah, dan tokoh masyarakat serta undangan.(glen/*)