Plt Dubes Malaysia Showcase 2022 di Sulut Disambut Wagub Kandouw

Berita Utama, Sulut149 Dilihat

Topiksulut.com,Manado—Tourism Malaysia bersama Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia mengadakan program promosi “Malaysia Showcase 2022 Jayapura & Manado” pada 10-15 Oktober 2022. Kedatangan di Manado pada Kamis 13 Oktober 2022, Kedubes Malaysia disambut oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw.

Manado merupakan kota kedua dari rangkaian program promosi Malaysia di Sulawesi Utara.

Malaysia Showcase 2022 secara langsung dipimpin oleh bapak Adian Mohd Shaffieg selalu Plt Duta Besar (Dubes) Malaysia ke Republik Indonesia.

Malaysia Showcase ini adalah satu agenda promosi untuk meningkatkan kedatangan wisatawan mancanegara ke Malaysia yang mana mensasarkan sebanyak 4,5 juta wisatawa dari seluruh dunia selepas pembukaan Sempadan Malaysia mulai 1 April 2022. Bagi Indonesia, sasaran yang ditetapkan adalah sebanyak 400.000 orang,” jelas Adian.

Baca juga:  Kajati Roskanedi Buka FGD, Dalam Penanganan Perkara Tindak Pidana Pemilu di Wilayah Sulut

Adian juga menjelaskan bahwa kunjungan pertama kalinya ke Manado ini adalah juga sebagai sebuah lawatan kerja. Bersama beliau, dibawa juga beberapa Instansi kerajaan Malaysia seperti Tourism Malaysia, Education Malaysia, Ministry of International Trade and Industry (MITI), Imigrasi Malaysia dan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC).

“Tidak hanya mempromosikan wisata sebagai keunggulan Malaysia, kita juga ingin mempromosikan beberapa keunggulan Malaysia kepada masyarakat di Sulawesi Utara. Semisalnya tentang pendidikan, perdagangan, kesehatan dan sebagainya,” jelas Adian.

Tidak lupa, Adian juga menyampaikan misinya dalam hal hubungan perdagangan kedua Negara. “Dalam hubungan rekan niaga, selama periode Januari hingga Juni 2022, Indonesia merupakan mitra dagang Malaysia ke-6 terbesar dari seluruh dunia dan kedua terbesar di antara negara-negara ASEAN setelah Singapura. Keseluruhan jumlah perdagangan dari Januari hingga Jun 2022, di antara Malaysia dan Indonesia telah mencapai jumlah USD14.33 bililon, menunjukkan peningkatan sebanyak USD10.39 miliar pada periode yang-sama di 2021,” imbuh Adian.

Baca juga:  Pilkada Mitra, RK Minta ASN Harus Netral

Sebagai penutup, pada sambutannya di acara peresmian Malaysia Showcase 2022, Plt Dubes mengharapkan lawatan kerja ini akan dapat menjalin dan meningkatkan lagi hubungan serta kerjasama bilateral antara Malaysia dan Indonesia, dari segi ekonomi, Pariwisata dan pendidikan.

“Saya berharap kerjasama kedua negara ini akan memberi impak terbaik kepada ekonomi kedua negara, Malaysia dan Indonesia.” tutupnya.(glen/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *