Seleksi Capas Kabupaten Sangihe tahun 2023 Dimulai

Nusa Utara188 Dilihat

Peliput: Fitri Lumiu

TAHUNA
Seleksi Calon Paskibraka (Capas), Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 2023 resmi dimulai. Diikuti sebanyak 131 siswa-siswi yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Seleksi Capas dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Dra O Makasidamo mewakili Pj. Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Tamuntuan seleksi Paskibraka berlangsung di Papanuhung Santiago Tampungan Lawo, Senin (3/4/2023).

Dalam sambutanya Makasidamo menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan kegiatan ini, karena selain menunjukkan eksistensi  Paskibraka di daerah ini, juga menjadi kesempatan yang baik untuk membangun kompetensi pelajar selaku generasi muda yang cerdas, tangguh, produktif,  dan memiliki daya saing dan semangat Nasionalisme yang tinggi. 

“Semoga dengan seleksi ini akan menghasilkan calon Paskibraka yang cerdas dan terampil,  dan mampu mengemban amanah seperti yang telah dijalankan oleh angggota Paskibraka di tahun-tahun sebelumnya,”ungkap Makasidamo.

Dikatakannya pula bahwa Paskibraka selama ini telah menunjukkan peran yang baik sebagai pasukan pengibar bendera pusaka, yang loyalitas dan integritasnya kepada bangsa dan Negara tidak diragukan lagi. Setiap tahunnya wadah ini memiliki peran strategis pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan R.I.

Makasidamo berharap para panitia dan tim penyeleksi mampu melaksanakan tugas mereka secara objektif dalam memberikan penilaian nanti.

“Selamat berkompotisi dan bagi panitia dan penyeleksi agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan se objektif mungkin memilih terbaik dari yang terbaik,”kunci Makasidamo.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sangihe Franki Natingkaseh dalam laporan panitia mengatakan, jadi memang tim seleksi akan bekerja kurang lebih selama lima hari dalam seleksi ini.

“Setelah acara pembukaan seleksi Capas tahun 2023 ini, akan langsung dilanjutkan dengan seleksi parade,” kata Natingkaseh.

Dirinya menyebutkan, dari 131 peserta yang lolos seleksi administrasi, itu akan dilakukan sistem gugur. Jadi ditegaskan dalam seleksi ini semuanya terbuka dan transparansi.

“Sesuai dengan petunjuk lewat Juklak yang ada, maka tahapan-tahapan akan dilakukan oleh tim seleksi dan tetap mengacu bahwa seleksi ini sangat terbuka dan transparansi mulai dari proses perekrutan,” ujar Natingkaseh.

Dijelaskannya pula, nantinya tim seleksi akan melakukan penilaian kepada peserta. Selanjutnya nilai mereka itu akan dikirim ke website resmi. Jadi, nantinya akan terpilih itu mereka yang terbaik.

“Tentunya setiap nilai yang ada langsung dikirim ke website http://Paskibraka.bpip.go.id, yang pasti bahwa akan terpilih mereka yang memang siap mengikuti proses seleksi dan mereka adalah yang terbaik dari seluruh peserta seleksi,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, seleksi Capas tersebut akan dilaksanakan selama lima hari.

“Untuk seleksi ini akan dilakukan selama lima hari kedepan, yang mana hari ini tes parade dan hari kedua tes wawasan kebangsaan serta tes lainnya, dan pada tanggal 11 April akan dilakukan tes terakhir yaitu tes kepribadian,” tandasnya.(*).