Bupati Kumendong Menyoroti Pemberdayaan Masyarakat dan Integrasi Aksi Sebagai Prioritas

Berita, Minahasa272 Dilihat

TopikSulut.com

MINAHASA – Bupati Penjabat Minahasa, Dr. Jemmy S. Kumendong MSi, membuka kegiatan Pendaftaran BUM Desa dan FGD Percepatan Penurunan Stunting di hotel Mercure, Minahasa, pada Selasa (28/11/2023).

Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya hasil optimal dalam manajemen BUM Desa dan upaya percepatan penanganan stunting di seluruh kabupaten.

Dalam delapan tahun terakhir, dana desa sekitar 1,4 triliun dari APBN telah dikelola oleh desa-desa di Minahasa, mendorong pembangunan infrastruktur pedesaan.

Bupati Kumendong menyoroti pentingnya pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas, dengan penanganan stunting sebagai prioritas bersama BUMDes.

Bupati menyampaikan, “Program ini mendukung pengembangan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan, serta penanganan bencana. BUMDes dan penanganan stunting adalah prioritas yang harus diberi perhatian.”

Beliau juga menegaskan perlunya aksi terintegrasi untuk mencapai target penurunan stunting, menginvolve lintas sektor, termasuk partisipasi pemerintah desa melalui Dana Desa.

Bupati Kumendong mengecek langsung persoalan di lapangan dan menyoroti target prevalensi stunting, menekankan perlunya aksi efektif dan terintegrasi di semua sektor.

Kehadiran Kadis PMD Minahasa Arthur Palilingan, Camat, dan Hukum Tua menandai dukungan penuh terhadap inisiatif ini.

#J.Rumimpunu