Grand Final Bintang Radio, Utusan RRI Jakarta dan Monokwari Jadi Pemenang Utama

Berita Utama, Sulut244 Dilihat

Topiksulut.com,Manado-Setelah melalui beberapa tahap seleksi, akhir Bintang Radio RRI dengan tema “Seni menyatukan Keberagaman”, kini masuk dalam babak Grand Final yang dilaksanakan di Pohon Kasih kawasan Mega Mall, Sabtu 2 Desember 2023.

Sebanyak 10 penyanyi dari 9 daerah di Indonesia yakni Kupang, Purwokerto, Palangkaraya, Kendari, Banjarmasin, Monokwari, Gorontalo, Jakarta dan Manado langsung unjuk kepiawaian dalam mengolah suara dengan menggunakan pakaian adat masing-masing daerah. Finalis ini terdiri dari 5 peserta wanita dan 5 peserta pria. Suara mereka pun dinilai oleh Ketua Dewan Juri Suseno Harjo yang didampingi Rommi Anwar dan Rando Sembiring yang tak lain adalah pemenang Bintang Radio RRI di Manado tahun 2011. Dalam kegiatan ini melahirkan pemenang 1 kategori putera yakni utusan dari RRI Monokwari Florentino Josua dan juara 1 dari RRI Jakarta Maria Puspita Dewi (Lihat tabel).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko SIP MM, Sekprov Sulut Stive Kepel, Ketua Panitia Rio Dondokambey, Kadis Kebudayaan Jani Lukas dan perwakilan dari Kepala RRI se-Indonesia.

Sementara itu Ketua panitia Bintang Radio RRI 2023, Rio Dondokambey dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh finalis yang sudah terpilih bisa ikut terlibat dalam malam grand final.

“Sebagai panitia, kami sangat berterima kasih kepada peserta yang sudah hadir di Sulut. Saat pulangnya nanti, silakan bawah yang baik-baik dan tinggalkan yang kurang,” katanya.

Lanjut dikatakannya, beberapa tahun terakhir ini, Provinsi Sulut banyak menggelar berbagai iven berskala nasional hingga internasional. Kegiatan ini pun banyak mendatangkan pengunjung dari luar daerah.

Dengan kegiatan ini, diharapkan RRI bisa menjadi media informasi yang baik bagi masyarakat dalam menyiarkan berbagai segala aspek kehidupan manusia.

“RRI sudah menjadi media informasi dari sejak dahulu dan bisa menghasilkan artis-artis terkenal Nusantara. Tetaplah terus berkarya bagi RRI dan selamat bagi para pemenang,” tambah Rio.

Sementara itu, Direktur Utama LPP-RRI Dr I Hendrasmo dalam kesempatan tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw bersama jajarannya yang sudah memfasilitasi kegiatan tersebut sehingga bisa berlangsung dengan sempurna.

“Setiap tahunnya, peserta Bintang Radio RRI selalu mengalami peningkatan. Sejak tanggal 27 November lalu sampai saat ini, Bintang Radio ini banyak diikuti peserta dan akhirnya hanya terpilih 10 besar untuk ikut dalam malam Grand Final saat ini. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih kepada Pemprov Sulut khususny bapak Gubernur dan Wagub Sulut yang sudah membantu kegiatan ini,” jelasnya seraya menambahkan jika tahun 2024 mendatang, Kota Surabaya akan menjadi tuan rumah Bintang Radio RRI.

Pada kesempatan itu, turut juga dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan antara RRI dan PT Muda Mandiri Mampuni selaku manajemen artis. Para peserta yang masuk final ini nantinya akan siap dibantu oleh manajemen artis untuk bisa tampil secara nasional.(glen)

Pemenang Bintang Radio RRI 2023:

*KATEGORI PUTERA

Harapan 2 dari RRI Banjarmasin
M DAFA ADIA FERNANDA

Harapan 1 dari RRI Manado
RAFAEL RATUM BUISANG

Juara 3 dari RRI Jakarta
JACKY NEVO

Juara 2 dari RRI Gorontalo
MUHAMAD REDONI

Juara 1 dari RRI Monokwari
FLORENTINO JOSUA

*KATEGORI WANITA

Harapan 2 dari RRI Kupang
ROSI WATITING

Harapan 1 dari RRI Palangkaraya
NATALIAS

Juara 3 dari RRI Purwokerto
RACHEL SINAGA

Juara 2 dari RRI Kendari
AMIRA YUSMALIA JULAN

Juara 1 dari RRI Jakarta
MARIA PUSPITA DEWI

===============