Optimalisasi Pemanfaatan Media dalam Cegah Berita Hoaks di Pemilu 2024

Berita, Minahasa243 Dilihat

TopikSulut.com

MINAHASA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minahasa mengadakan kegiatan “Coffee Morning” di Yama Resort, Tonsaru, Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Rabu (06/12/2023).

Acara ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pemanfaatan media dalam mencegah dan menangani berita hoaks selama penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dalam sambutannya, Arif Kurniawan, Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan Peningkatan Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Minahasa, menekankan pentingnya peran media dalam mensosialisasikan tahapan Pemilu.

Arif juga mengajak media di Kabupaten Minahasa untuk menangkal maraknya berita hoaks dengan menyajikan pemberitaan yang positif.

“Media memiliki peran krusial dalam mengawal pelaksanaan Pemilu dan mensosialisasikan tahapan Pemilu. Kita ketahui bersama bahwa media bisa menangkal berita hoaks dan menjadi sarana pembelajaran masyarakat,” ujar Arif.

KPU Minahasa berharap adanya kolaborasi yang efektif antara mereka dan media lokal untuk mengedukasi masyarakat agar menggunakan hak pilih mereka.

Dalam acara tersebut, hadir dua narasumber berkompeten, Ketua Komite Pemilih Indonesia, Jerry Sumampouw, dan Dr. Zulkifli Golonggom, M.Si., yang membahas peran media serta pemuda dan pemilih pemula dalam Pemilu Tahun 2024.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua KPU Minahasa, Rendy V. J. Suawa, serta para Komisioner KPU Minahasa lainnya, yaitu Lydia Malinda dan Aprila Regar, beserta staf KPU Minahasa.

Semoga kolaborasi antara KPU Minahasa dan media lokal dapat memperkuat pemahaman masyarakat mengenai proses Pemilu dan meningkatkan kesadaran akan hak pilihnya.

#J.Rumimpunu