Bupati JSK Diskusikan Strategi Stabilisasi Harga Pangan dengan Bank Indonesia

Berita, Minahasa464 Dilihat

 

TopikSulut.com

MINAHASA – Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, MSi (JSK), menerima kunjungan Kerja (Kunker) dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara, Andry Prasmuko. 

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk membahas strategi menghadapi tantangan stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Rabu, tanggal 27 Maret 2024.

Dalam acara yang digelar di ruang kerja Bupati Minahasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Dr. Lynda D. Watania, MM, MSi, juga turut hadir. Diskusi difokuskan pada implementasi ‘Gerakan Pangan Murah’ yang bertujuan memastikan ketersediaan dan aksesibilitas pangan yang terjangkau bagi masyarakat, terutama menjelang perayaan keagamaan nasional.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat terkait dari pemerintah daerah, antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Inspektur, Plt.Staf Ahli Bupati Bid. Pemerintahan Hukum dan Politik, Kadis Pangan, Plt.Ka.BPBD, Kadis Pertanian, Kadis Perdagangan, Kabag Ekonomi, Plt.Kabag Prokopim, serta Staf Khusus Bupati Minahasa.

Baca juga:  Dampingi Olly, Roring Ajukan Usul ke Menteri PUPR

Dr. Jemmy Stani Kumendong menegaskan pentingnya kerjasama lintas sektoral antara pemerintah daerah dan lembaga keuangan seperti Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas harga pangan.

“Kerjasama lintas sektoral sangat krusial dalam menjaga stabilitas harga pangan, terutama saat periode kritis seperti menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional,” ujar JSK.

Sementara itu, Andry Prasmuko dari BI Provinsi Sulawesi Utara menyatakan komitmen lembaganya untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam mencapai tujuan stabilisasi harga pangan.

“Kami siap bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyukseskan program-program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk program ‘Gerakan Pangan Murah’ di Kabupaten Minahasa,” kata Andry.

Acara ‘Gerakan Pangan Murah’ ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam menjawab tantangan dalam hal ketahanan pangan serta menjaga stabilitas harga pangan di wilayah Minahasa.

Baca juga:  Bupati Jemmy Kumendong Dorong Pemanfaatan Dana Desa dengan Tepat Sasaran

Semua pihak berharap bahwa kerjasama ini akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

#J.Rumimpunu