Bupati JSK Hadiri Perayaan Ulang Tahun Desa Ampreng yang Ke-77

Berita, Minahasa213 Dilihat

 

TopikSulut.com

MINAHASA – Bupati Minahasa Pnt Dr Jemmy Stani Kumendong MSi (JSK) turut hadir dengan antusias dalam ibadah syukur perayaan ulang tahun ke-77 Desa Ampreng, yang diselenggarakan di Balai Desa, Kecamatan Langowan Barat. Sabtu (06/04/2024).

Acara yang dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat lokal ini dimulai dengan laporan dari ketua panitia, diikuti oleh pembacaan sejarah Desa Ampreng oleh Hukum Tua Masri Aruperes.

Pembacaan sejarah tersebut disajikan dalam bahasa Tontemboan, dialek daerah setempat, yang kemudian diselingi dengan bahasa Indonesia untuk mempermudah pemahaman seluruh peserta acara.

Dalam sambutannya, Bupati Jemmy Kumendong menyampaikan ucapan selamat kepada Desa Ampeng yang merayakan usia ke-77.

Beliau mengapresiasi penggunaan bahasa daerah Tontemboan oleh Hukum Tua Ampreng dalam penyampaian sejarah desa.

Baca juga:  Bersama Wagub ROR beribadah bersama di Gmim bukit moria

“Ulang tahun ke-77 adalah momen syukur bagi desa ini. Atas nama Pemkab Minahasa, saya mengucapkan selamat kepada Desa Ampeng,” ujar Kumendong, yang juga terkesan dengan pembacaan sejarah desa dalam bahasa daerah.

Bupati JSK juga menekankan pentingnya pelestarian bahasa daerah sebagai bagian dari program untuk melestarikan budaya Minahasa.

“Pelestarian bahasa daerah sangat penting, mulai dari pendidikan di sekolah. Meskipun sulit dimasukkan sebagai mata pelajaran lokal, alternatifnya bisa digunakan dalam peribadatan di gereja,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati JSK menegaskan,

“Pentingnya melestarikan bahasa daerah sebagai identitas dan warisan budaya yang harus dijaga dengan baik oleh generasi muda.”

Perayaan ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, pemuka agama, serta warga Desa Ampreng yang turut berbahagia dalam momen istimewa ini.

Baca juga:  2,7 triliun bakal disiapkan Pemkab Minahasa guna merevitalisasi danau Tondano agar menjadi destinasi pariwisata andalan

#J.Rumimpunu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *