Menarik, Optimalkan Pelayan Publik, Saruan Layani WP Minut Via WA

Topiksulut.com, POLITIK/PEMERINTAHAN – Peningkatan pelayan publik merupakan salah satu faktor utama yang bisa menjadi bukti kehadiran pemerintah di suatu daerah berjalan dengan baik.

Hal itu juga yang menjadi motivasi sekaligus motor penggerak Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam mewujudkan Sulut yang semakin hebat lagi di sektor pelayan publik, seperti halnya yang sempat ditemukan Topiksulut.com ketika menyambangi kantor UPTB Kabupaten Minahasa Utara yang dikomandani oleh Satyagraha Satuan, pagi tadi (Senin 14/08/2017).

Menariknya, ketika ditemui Topiksulut.com di ruang kerjanya, Saruan sedang ‘asik’ mengotak-atik smartphone miliknya. Hal tersebut lantas menjadi sebuah pertanyaan wartawan media ini, “di jam kerja yang masih termasuk padat dirinya masih sempat bermain smartphone”.

Sedangkan ketika dikonfirmasi, Saruan menjelaskan bahwa disaat tersebut dirinya sedang sibuk melayani konsultasi via aplikasi WhatsApp (WA) yang ada di smartphone miliknya dari para Wajib Pajak (WP) Kabupaten Minahasa Utara.

Baca juga:  Gubernur Olly Bahas Pemberdayaan Aset PGI

Hal tersebut dibuktikan Saruan dengan memperlihatkan bukti pembicaraan (chatting) dirinya bersama para WP yang menurutnya sudah dia lakikan sejak lama.

“Maaf saat ini memang sedang sibuk, saya sedang membalas pertanyaan-pertanyaan para WP Minut yang memang sering berkonsultasi dengan saya via WA”, jelas Saruan.

Menurut Saruan, pihaknya memang sudah sejak pertengahan tahun 2016 telah menerapkan pelayanan publik melalui jaringan internet termasuk WA, sebab sesuai penjelasan Saruan, hal tersebut sangat para WP yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi serta kurang mengerti soal pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Bagi saya ini sangat membantu, kan banyak WP yang tingkat kesibukkannya sangat tinggi, apalagi ada WP yang belum terlalu mengerti lingkaran proses pembayaran pajak, jadi menurut saya ini sangat membantu WP, bahkan jiga membantu pihak kami dalam melakukan sosialisasi secara non-verbal terkait program-program terbaru BP2RD Sulut”, jelas Saruan sembari terus menjawab pertanyaan-pertanyaan para Wajib Pajak (WP) melalui aplikasi WhatsApp (WA) pribadinya.

Baca juga:  Gelar Rapat Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman, Gubernur Serahkan Sanitasi Award

UPTB Minahasa Utara (Minut) yang merupakan salah satu bagian dari Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Sulawesi Utara tersebut, merupakan salah satu UPTB yang cukup banyak melahirkan inovasi-inovasi terbaru dalam mengoptimalkan sektor pelayanan publik, hal tersebut juga sempat diiyakan Kepala BP2RD Sulut Olvie Atteng SE.M.Si beberapa waktu lalu diruang kerjanya ketika ditemui media ini.

“Memang UPTB Minut banyak melahirkan inovasi baru terkait pelayan publik, harapannya supya UPTB-UPTB lain juga bisa termotivasi untuk melakukan hal yang sama demi terciptanya optimalisasi pelayan publik yang semakin hebat lagi”, jelas Atteng beberapa waktu yang lalu. (Chris)