Kabar Gembira! Waruis Upayakan 374 Guru Honor Mitra Dapat SK Bupati

TOPIKSULUT.COM, RATAHAN – Kabar gembira bagi para tenaga pendidik non PNS di SD dan SMP Minahasa Tenggara. Apa itu? Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), Mitra Jelly Waruis, mengatakan, pihaknya sementara mengupayakan proses penerbitan Surat Keputusan (SK) bupati bagi 374 guru honor di Mitra.

 

Menurut Waruis, usulan ke bupati disampaikan untuk bisa di keluarkan SK dimomen perubaham anggaran 2017 terus dipacu. “Dari 526 guru honor se Mitra, ada 374 guru yang diusulkan untuk dapat SK bupati di APBD Perubahan tahun ini,” ucap Waruis, Kamis (14/9), kemarin.

 

Dia menambahkan, usulan gaji bagi para guru honor ini, awalnya hanya Rp300 ribu, namun naik menjadi Rp500 ribu. “Pak Bupati James Sumendap yang meminta untuk dinaikkan, awalnya kita hanya mengusulkan Rp300 ribu,” jelas Waruis.

Baca juga:  Bupati Minta Warga KGPM Pniel Belang Harus jadi Berkat

 

Meski tetap mendorong ada gaji yang layak untuk mendukung tugas para guru, namun mantan Camat Ratahan Timur ini, menyatakan, amatannya di lapangan, para guru honor tidak berharap gaji atau honor yang diberikan pemerintah, asalkan mereka bisa mendapatkan SK bupati untuk nanti menerima NUPTK. “Banyak guru honor justru mengharapkan jika mereka dapat NUPTK mereka bisa mengurus sertifikasi.

 

Dan guru yang sudah bersertifikasi kan meski bukan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), tapi mendapatkan penghasilan yang besar, lewat tunjangan guru profesional dari pemerintah. Nah ini yang dikejar para guru honor. Dan inilah yang sementara kami upayakan, ” pungkas Waruis, pejabat hebat Mitra yang akrab dengan media. (egen)