Lomban Terima Penghargaan Pembina SIBAT Dari PMI Pusat

TopikSulut,Bitung- 0Walikota Bitung Maximiliaan J Lombann SE, MSi menerima penghargaan sebagai pembina dan penggerak program masyarakat tangguh bencana dan pengelolaan resikon terpadu berbasis masyarakat oleh pengurus pusat Palang Merah Indonesia (PMI), Minggu (27/9) di desa Karangtengah, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Penyerahan penghargaan ini diberikan oleh pelaksana harian ketua umum PMI Pusat Ginanjar Kartasasmita, bersamaan Hut PMI Nasional ke-72 dirangkaikan dengan Temu Nasional Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) ke-2.

“Saya berterima kasih kepada Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia atas penghargaan ini, apa yang kita kerjakan selama ini trnyata diperhatikan oleh PMI Pusat. kita bukan mengerjakan ini dalam rangka mengejar penghargaan tetapi ini adalah komitmen utk meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk tangguh menghadapi bencana,” ujar Lomban.

Lanjutnya lagi, dengan meningkatnya kapasitas masyarakat yang peduli terhadap bencana maka akan mengurangi resiko bencana yg akan terjadi. Ia menambahkan, untuk kota Bitung sendiri telah diterapkan Rencana Pengurangan Resiko (Risk Reduce Plan) yang disusun secara partisipatif oleh anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang terus bersinergi dengan masyarakat setempat.

Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi Pemkot Bitung dalam mengembangkan proses pembangunan berbasiskan pengurangan resiko yang disesuaikan dengan amanat Undang Undang penanggulangan bencana.

Melalui momentum ini, Lomban mengapresiasi kerja keras PMI Kota Bitung dibawah pimpinan Ketua Ny. Khouni Lomban Rawung yang penuh semangat dan antusias serta terus berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan kemanusiaan baik didalam maupun diluar daerah.

Sementara itu Prof Dr. Ir Ginandjar Kartasasmita selaku Plh Ketua Umum Palang Merah Indonesia mewakili Ketua Umum, Hj.Jusuf Kalla dalam sambutannya berterimakasih kepada para kepala daerah yang memberikan perhatian khusus terkait pemberdayaan masyarakat untuk tangguh menghadapi bencana melalui pembentukan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dikelurahan dan desa.

Seperti diketahui dari 500-an kepala daerah se Indonesia, hanya 27 bupati walikota yg berhasil mendapatkan kepercayaan dari PMI pusat untuk menerima penghargaan ini, merupakan suatu kebanggan kota Bitung satu diantara Kabupaten/kota yang berhasil meraih prestasi tersebut,” kata Lomban. (hzq)