Pertama di Indonesia! Semua Warga Mitra Dijamin, JS Dapat Pujian BPJS Pusat

MITRA, topiksulut.com – Langkah Bupati Mitra James Sumendap SH untuk membuat warga Mitra sejahtera secara fisik, betul-betul direalisasikan. Komitmen untuk menjadikan warga sehat, bukan hanya isapan jempol belaka. Buktinya, Selasa (26/9), kemarin, JS sapaan akrab bupati hebat ini, mengumumkan akan menjamin kesehatan warga dengan program BPJS Kesehatan.

Tak ada yang terkecuali, mulai dari bayi yang masih dalam kandungan sampai warga lanjut usia sekalipun, akan di jamin 100 persen dengan anggaran Pemkab Mitra. Sebagai buktinya, langsung dilakukan MoU (Memorandum of Understanding), atau perjanjiaan kerjasama antara Pemkab Mitra dan pihak BPJS pusat.

Dengan demikian, per 1 Januari, 2018, tak ada satupun warga yang akan membayar sendiri yuran BPJS Kesehatan. Bukan hanya itu, yang lebih paripurna dimomen bersejarah ini, 3.062 perangkat pemerintahan, baik hukum tua dan jajaran serta BPD, hingga para tenaga honorer daerah di jamin dengan BPJS Ketenagakerjaan. Artinya, para perangkat pemerintahan desa dan honda, dilindungi atau mendapatkan asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan saat mengalami kecelakaan, bahkan jika sampai meninggal dunia.

Sementara itu, Sumendap dalam sambutan, mengatakan, apa yang dilakukannya ini, untuk membuktikan kepeduliannya yang berdasarkan visi misi sebelum menjadi bupati 2013 lalu.

“Jadi program ini saya persembahkan untuk warga Mitra. Perlu saya sampaikan, seluruh warga Mitra, mulai dari bayi bahkan yang masih akan lahir sampai orang mau meninggal pun kita proteksi (lindungi, red) semua. Karena selain biaya kesehatan ini, baru di Mitra kan yang mendapatkan santunan duka Rp7 juta. Karena memang satu menit kehidupan kita ke depan kan kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Maka kalau sudah di proteksi kan lebih baik,” ujar Sumendap, yang disambut tepuk tangan oleh para undangan, dari BPJS, Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana SIK SH MSi, Kajari Minsel, Dandim 1302 Minahasa yang diwakili perwira penghubung, Sekda Mitra Ir Farrly Liwe MSi, para kepala SKPD, Hukum Tua, perangkat desa, BPD dan para honorer.

Baca juga:  Miliki 2 Regulasi JSK, Bitung Masuk Nominasi Anugerah Paritrana BPJS

 

Hanya saja, lanjut Mantan Anggota DPRD Sulut dua periode ini, meski dia telah melakukan perlindungan kesehatan dan jaminanan tenaga kerja, namun warga Mitra tetap menjaga pola hidup sehat, dan menggunakan akal sehat saat melaksanakan kerja ataupun saat mengendarakan kendaraan.

“Memang semua pemkab sudah proteck dengan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, namun saya harap kita tetap hidup sehat dengan pola-pola makan yang baik. Dan berhati-hatilah dalam bekerja. Karena di Alkitab juga bilang berjaga-jagalah kamu,” imbau JS, sembari menyatakan 2018, sepanjang 12 bulan atau satu tahun akan dibayar total BPJS warga.

Di tempat yang sama, disela-sela sambutan Deputi Direksi BPJS Kesehatan Nisa Nurela SE MM, mengakui kehebatan JS. Mengapa? Karena, di seluruh Indonesia baru Mitra yang langsung memprogramkan seluruh rakyat ikut dalam BPJS Kesehatan. “Ini program yang luar biasa dari bupati. Kalau di daerah lain, berlangsung bertahap, misalnya mulai dari perangkat desanya dulu, lalu para honorer, tapi di Mitra langsung semua rakyat di ikutkan. Maka kami beri apresiasi. Pak bupati bukan hanya mensukseskan program pemerintah pusat, tapi betul-betul peduli rakyat,” ucap Nurela.

Baca juga:  Gunawan: KEK Pariwisata Likupang Didukung Semua Kementerian dan Lembaga

Hal yang sama dikatakan Deputi Direksi Ketenagakerjaan Perluasan Kepesertaan Yudi Yunarta. Dia menyebut, JS layak mendapatkan penghargaan Presiden.

“Kita ada usulan ke presiden soal daerah yang merespon baik dengan menjemput bola mendukung program pemerintah pusat ini untuk ada reward atau penghagaan. Sapa tahu Mitra pada tahun depan masuk tiga besar terbaik se Indonesia, dan menerima langsung hadiah dari Pak Presiden. Karena kami salut dengan program bupati ini,” terang Yunarta.

Usai memberikan sambutan bergantian, akhirnya dilakukan penandatanganan MoU. JS pun banyak berharap komitmen ini berlangsung baik dengan pihak BPJS. “Saya berharap kemitraan ini akan berlangsung dengan sangat baik. Dan tolong saya titipkan berikanlah pelayanan terbaik buat kami untuk suksesnya program ini. Jangan sampai terjadi mis komunikasi, atau ada data yang tak jelas,” pesan JS ke para pimpinan BPJS, yang disambut dengan baik. (Adv)