Usia Sudah 21 Tahun, Vicky Ponomban Manusia Terkecil di Mitra

VICKY Ponomban Penyandang Disabilitas dari SLB Tolombukan, Pasan. (foto: otnie)

RATAHAN, topiksulut.com—Suaranya terdengar merdu saat dia kumandangkan di gedung wal wulan lumintang, usai debat publik calon Bupati dan wakil bupati, Selasa lalu. Setelah ditelusuri ternyata suara dari Vicky Ponomban (21) tahun, seorang penyandang Disabilitas asal Desa Winorangian, yang sekarang Sekolah Luar Biasa (SLB) LPMD Tolombukan, tergolong manusia terkecil di Minahasa Tenggara (Mitra).

Menurut guru Rita Gahung pembimbing, Vicky memang tergolong pandai menyanyi. Sehingga bakatnya ini terus kami latih. “Dia (Vicky) memang punya bakat menyanyi dan tak pemalu tampil membawakan lagu di depan umum,” ungkap Rita.

Dengan dihadirkannya sejumlah penyandang Disabilitas yang ada di dearah ini sudah mempunyai hak pilih pada ajang Pilkada 2018 nanti.

Baca juga:  Desa Molompar ll Selatan Kans Juara 1 Lomba Desa 

Salah satunya adalah seorang pemuda berumur 21 tahun, yang hingga kini memiliki tubuh yang setara dengan balita berumur 1 tahun dengan berat tak mencapai 10 kilogram. Vicky kini tercatat sebagai warga desa Tolombukan kecamatan Pasan.

Meskipun demikian, ketika diminta menyanyikan lagu melalui pengeras suara saat itu, dapat diikutinya secara sempurna. Vicky pun memang sengaja dipakaikan seragam anak SD kelas satu, karena hanya seragam ini yang pas dengan tubuhnya yang mungil.

“Kalau disuruh menyanyi, vicky paling suka lagu berjudul ‘Kasih Ibu’,” kata Gahung.

Kepala SLB Tolombukan Nori Florce Kawengian yang sementara menjadi tempat menginap Vicky menyatakan, anak asuhnya ini secara umum penyandang tuna daksa ini diperlakukan layaknya anak yang lain yang sementara dalam pendidikn di sekolah SLB.

Baca juga:  Penerimaan ASN 2019 Diminta Prioritaskan Putra Daerah

“Yang pasti mereka yang sedang dalam pendidikan di SLB LPMD mendapat perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Mitra,” ungkap Nori. (otnie)