Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan, Kegiatan Basuh Kaki Orang Tua Jadi Momen Mengharukan

Tomohon97 Dilihat

Topiksulut.com – Tomohon- Secara serentak memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan, semua Lembaga Pembinaan Khusus Anak(LPKA) menggelar Family Sociaty Gathering. Sebagai satu-satunya LPKA di Sulut, LPKA Tomohon pun mengikutinya lewat video conference Selasa(17/4) yang bertempat di Lapas Anak Kls. 2 Tomohon.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak yang diwakili Sekot Tomohon Ir. H.V. Lolowang, M.Sc menghadiri kegiatan tersebut. Kegiatan secara nasional dibuka langsung Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly. Kegiatan yang bertemakan Tetap Ceria Meraih Asa ini, di dalamnya pemecahan rekor MURI Pembasuhan Kaki Di Lokasi Terbanyak.
Sekretaris Kota, Harold Lolowang pada kesempatan tersebut menuturkan melalui kegiatan ini proses pembinaan terhadap anak-anak yang ada di LPKA bisa memberikan dampak berarti di kehidupan mendatang.
“Kita sudah merencanakan untuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD) tahun depan akan coba kita masukan untuk LPKA,” jelas Lolowang.

Baca juga:  Ajak Awak Media Bersama "Perangi" Covid19, Walikota Caroll: Terapkan Pokes dalam Bertugas


Sementara itu Kalapas Anak, Tjahja Rediantara menuturkan pembasuhan kaki orang tua oleh anak didikan pemasyarakatan (Andikpas) ini bisa menyentuh emosional.
“Dengan situasi seperti ini, para andikpas bisa bertemu keluarga, karena Sebagaian anak ini belum pernah ditengok orang tuanya, nanti di kesempatan ini mereka bisa bertemu,” jelas Rediantana.
Dengan tangis haru, 26 andikpas membasuh kaki orang tua dan memohon pengampunan akan segala kesalahan yang diperbuat. Ketua Ikatan Psikolog Klinis(IPK) Sulut dr Hanna Monareh MPsi menjelaskan lewat pembasuhan kaki ini berpotensi memberikan dampak positif akan perasaan dan emosional mereka. “Terlebih bagi mereka yang kurang mendapat kasih sayang, langkah ini sangat mengena. Selain penyesalan anak juga sebagai koreksi orang tua dari apa yang telah diperbuat,” tambah Monareh.

Baca juga:  Walikota Caroll Kunjungi Kemensos Terkait Pemutahiran Data Penerima Bantuan

Selain itu dalam kegiatan yang sama digelar juga melukis di atas kanvas putih bertemakan tetap ceria meraih asa, juga kesempatan yang sama grup band ABI yang beranggotakan para Andikpas melaunching lagu-lagu karya mereka.

Turut hadir dalam acara ini,GM PT. Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong Bpk. Salvius Patangke serta jajaran, Kadis Kesehatan Kota Tomohon dr.D. Liuw, M.Biomed, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tomohon dr. Olga Karinda.

(C.M)