5x Beruntun Pemkot Tomohon Sabet WTP, KOWAT Apresiasi, Berharap Diikuti LAKIP dan LPPD

Topiksulut.com /Tomohon/ Prestasi membanggakan kembali di torehkan pemerintah kota Tomohon dengan menyabet 5x berturut-turut WTP, Komunitas Wartawan Tomohon (KOWAT) turut mengapresiasi prestasi Pemerintah Kota Tomohon yang mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) dari BPK RI untuk ke-5 kalinya sejak 2013 – 2017.

Namun demikian, KOWAT berharap pencapaian ini mampu diimbangi dengan prestasi terhadap Laporan Kinerja Pemerintah (LAKIP) maupun Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD). Hal ini disampaikan Ketua KOWAT Stevy D Tampi yang juga Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Sulawesi Utara.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan bukan hanya melalui WTP, sebab prestasi ini hanya dalam seputaran pemanfaatan dan pengelolaan keuangan negara yang dapat dipertanggung jawabkan. “Sedangkan, tingkat keberhasilan penyelenggaraan pembangunan untuk mesyarakat diukur melalui keberhasilan pelaksanaan program yang memiliki hasil positif secara langsung bagi masyarakat, dalam arti menitikberatkan pada asas manfaat,” ujar Tampi.

Disampaikan salah satu wartawan media online liputan Kota Tomohon tersebut, LAKIP dan LPPD merupakan parameter penting soal penyelenggaraan program pemerintah daerah sesuai dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo. “Karena itu, keberhasilan opini WTP dapat menjadi motivasi dalam mewujudkan program yang memiliki manfaat langsung bagi masyarakat, terutama dalam soal sumber daya manusia,” kata Tampi.

Namun demikian, Tampi menyatakan opini WTP merupakan keberhasilan pengelolaan keuangan negara yang mempertegas bahwa penggunaan anggaran sesuai dengan perencanaan tanpa adanya tindakan penyalahgunaan uang negara alias bebas tindakan memperkaya diri.

(CM)