Hadiri HUT ke-7 Desa Tolok Satu, Wagub Ajak Seluruh Masyarakat Berkontenplasi

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN –Disambut dengan tarian khas Minahasa Kabasaran yang dibawakan oleh sejumlah ibu-ibu, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw menghadiri ibadah syukur HUT ke-7 desa Tolok Satu Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa.

Dalam sambutannya tersebut, Wagub mengatakan bahwa momentum HUT ke-7 Desa Tolok ini harus dimaknai dengan ucapan syukur.

“Maknai dengan bersyukur, bersyukur dan bersyukur, karena Tuhan telah hadirkan kita dengan keadaan sehat walafiat”, ucap Wagub.

Menurut Wagub momentum perayaan HUT merupakan bagian dari ucapan syukur iman yang harus di implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Ini adalah bagian dari ucapan syukur iman, yang harus kita implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, saling menjaga, saling berbaikkan, saling tolong-menolong”, ucap Wagub.

“Mari kita manfaatkan momentum ini dengan merenung, serta berkontenplasi (berkaca dari diri sendiri) serta mengintrospeksi diri untuk menjadi lebih baik lgi dikemudian hari”, sambungnya.

Wagub pun berpesan kepada Hukum Tua untuk kembali melihat kedalam perjalanan tujuh tahun desa Tolok ini.

“Pak Hukum Tua, coba lihat kembali perjalanan desa Tolok, jika ada yang kurang diperbaiki, kalau ada yang baik dipertahankan, tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya, baik dalam sektor kesejahteraan, keamanan, pendidikan, dan lainnya lagi”, pesan Wagub.

Lebih lanjut, Wagub mengatakan bahwa dari jumlah penduduk Sulawesi Utara berkisar 2,6 juta jiwa yang terbagi pada 15 Kabupaten/kota yang ada, angka kemiskinannya mampu ditekan jauh oleh pak Gubenrur, 

“Penduduk kita 2,6 juta jiwa yang terbagi di 15 Kabupaten/kota yang ada, dan berkat kerja keras Pak Gubernur, angka kemiskinan Sulawesi Utara telah menurut jauh, Pak Gubernur mampu menekan angka tersebut, jadi kita patut bersyukur, sembari kemabli mengingatkan agar momentum ini dijadikan sebagai momen untuk introspeksi diri.

“Tadi saya membuka acara tenaga pendamping desa, Presiden bapak Ir. H. Joko Widodo sudah memberikan Rp.4,4 Triliun dalam empat tahun kebelakang ini, jadi harus kita lihat, hanya orang buta yang tidak bisa melihat kebijakan – kebijakan ini yang dapat mensejahterahkan masyarakat dari sabang sampai merauke.

Sedangkan mewakili masyarakat Desa Tolok Satu, sosok Mecky Onibala yang diangkat menjadi tokoh masyarakat Desa Tolok dalam sambutannya mengapresiasi peehatian Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (OD-SK) atas perhatian yang diberikan untuk masyarakat Sulawesi Utara.

“Kita masyarakat Tolok Satu memberikan apresiasi tinggi untuk pemerintahan OD-SK yang sangat memperhatikan masyarakat Sulawesi Utara dimanapun berada, termasuk kita di Desa Tolok ini”, ucap Onibala yang juga dikenal sebagai Kepala Kesbangpol Provinsi Sulut.

Menurut Onibala, sosok Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw bukan merupakan hal yang asing lagi di desa Tolok, karena sudah beberapa kali datang ke desa Tolok.

“Pak Gubernur dan Wakil Gubernur sudah kami menjadi bagian kita disini karena sudah beberapa kali datang kesini memberikan perhatian bagi kamo di Desa Tolok Satu”, jelasnya, memuji sosok duet OD-SK.

Wagub pun dalam kesempatan tersebut sempat menyinggung soal penggunaan media sosial (Medsos) yang baik.

“Marilah kita menggunakan medsos dengan bijak, hindari hal-hal yang berbau hoax, hal -hal yang merugikan dan hal-hal fundamentalis lainnya yang dapat merugikan kita”, ucap Wagub

Wagub pun mengatakan bahwa pihaknya akan membantu Desa Tolok dalam pembangunan Balai desa, dengan jumlah nominal Rp. 100 juta.

”Masukan proposal, kami akan berikan bantuan sebesar Rp. 100 juta untuk pembangunan Balai Desa Tolok Satu”? Tutupnya.

Turut mendampingi Wakil Gubernur, Kasat Pol PP Provinsi Sulut Drs. Steven Liow, Kaban Kesbangpol Sulut Drs. Mecky Onibala. (CHRIS)