263 Sekolah di Minut Persiapan UAS

Topiksulut.com,Minut-Sebanyak 263 sekolah yang terdiri dari 193 Sekolah Dasar (SD) dan 70 Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai mempersiapkan Ujian Akhir Sekolah (UAS) bagi anak didik mereka. Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Minut, Olfy Kalengkongan, SPd MMPd. “Kemungkian ujian ini akan dilaksanakan pada bulan depan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu 14 April 2021.

Dikatakan Kalengkongan, pada tahun ini, ujian nasional tidak akan dilaksanakan pada anak didik kelas 6 SD dan kelas 9 SMP. Namun patokan kelulusan anak tingkat kelas 6 dan 9 ini mengacu pada hasil nilai dari ujian sebelum-sebelumnya. “Untuk SD, kelulusannya akan dilihat dari hasil nilai kelas 4,5 dan 6. Sementara untuk SMP akan akan dilihat sepanjang siswa tersebut sekolah dari kelas 7,8 dan 9,” jelas Kalengkongan.

Diketahui, Mendikbud Nadiem Makarim telah mengumumkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Dalam surat edaran tersebut mengatakan perlu langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Adapun syarat kelulusan bagi siswa tingkat akhir antara lain peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. Peserta didik juga memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik. Peserta didik mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.(gebe)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *