Serapan Anggaran Rendah, Geraldi Desak MM-HH Realisasikan Program di APBD

TopikSulut.com,Bitung- Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kota Kota Bitung, Geraldi Mantiri, SE mempertanyakan serapan anggaran belanja daerah Pemkot Bitung yang dinilai masih sangat rendah. Geraldi pun mendesak Walikota Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Hengky Honandar untuk segera merealisasikan semua program dalam APBD.

Dikatakan Geraldi Mantiri, hingga 15 Juni 2021, serapan anggaran belanja Pemkot Bitung baru mencapai 29.87% dari total pagu anggaran sebesar Rp853.402.276.706.

“Mengacu ke Perda APBD 2021, total pagu anggaran sebesar Rp853.402.276.706, namun dari informasi yang kami dapatkan hingga tanggal 15 Juni baru terserap 29.87%,” ujar Geraldi, Jumat (18/06/2021).
Dari presentasi tersebut kata ketua Karang Taruna Bitung tersebut, maka baru sebesar Rp254.902.397.717 yang mampu diserap atau dibelanjakan Pemkot Bitung padahal sudah masuk dalam bulan keenam atau triwulan ke dua dan akan segera masuk triwulan ke tiga.

“Mewakili fraksi, Geraldi mendesak Pemkot Bitung agar menyerap anggaranemua program yang ditata untuk meningkatkan penyerapan anggaran dengan segera merealisasikan semua program dalam APBD. Jika tidak, pihaknya akan menyurat ke Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung untuk meminta penjelasan resmi rendahnya serapan anggaran.

“Alasan kami desak, tujuannya tak lain agar program-program yang telah ditata di APBD bisa kelihatan dan dirasakan masyarakat dampaknya. Selain itu, hal ini juga tentunya akan menggerakan perekonomian di Kota Bitung, pungkas alumni Fekon Unsrat ini. (hzq)

“Pemkot harus perjelas kendalanya dimana sehingga baru mampu menyerap anggaran sebesar 29.87%. Ini harus diseriusi dan menjadi perhatian bersama mengingat tinggal beberapa hari lagi kita sudah masuk dalam penyusunan APBD Perubahan. Dan ini tentunya berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *