TPU Lahendong Rapih, Ternyata Ini Rahasia Lurah Felix

TOMOHON, topiksulut.com – Terletak di ujung selatan Kota Tomohon, Kelurahan Lahendong memiliki luas wilayah 650 hektare yang terdiri dari kawasan permukiman 75 hektare, persawahan 40 hektare, perkebunan 493 hektare, pekuburan 3 hektare, pekarangan 35 hektare, perkantoran 500 m2, dan prasarana umum 5 hektare.

Disamping menjadi salah satu wilayah yang memiliki spot wisata strategis seperti danau Linow, dan kawasan objek permandian air panas. Kelurahan Lahendong memiliki tempat pemakaman umum (TPU) unik dan satu-satunya dikota Tomohon yang tertata rapih.

Pekuburan Lahendong bernuansa rapih dan tidak terkesan angker ini sejatinya disediakan pihak pemerintah kelurahan kepada masyarakat (Lahendong) tanpa membebani keluarga berduka.

“Jika ada keluarga berduka, urusan penguburan mulai dari menggali liang kubur, penguburan jenazah sampai kuburnya selesai dibangun diserahkan sepenuhnya ke kelurahan dan pihak panitia penguburan yang telah dibentuk disetiap lingkungan tanpa mengeluarkan sepeser uang dari keluarga berduka,” ujar Lurah Lahendong Felix Lalawi. Rabu, (22/9) 2021.

Felix pun menjelaskan terkait pembuatan kubur yang digratiskan, sebelumnya pihak kelurahan telah mensosialisasikan kepada masyarakat dan disetujui, jika ada kedukaan setiap masyarakat swadaya menyisikan 7000 rupiah (tanpa paksaan) sebagai dana pembuatan kubur.

“Dana 7000 rupiah ini dikumpulkan setiap ada kedukaan oleh panitia penguburan dan nantinya 5000 rupiah diperuntukkan pembuatan kubur, serta sisanya 2000 rupiah untuk keluarga berduka,” kata Lurah Felix.

Mantan ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Lahendong itu juga menjelaskan, tujuan dibangunnya kawasan TPU tersebut untuk mengatasi kepadatan di TPU yang lama.

“Diperkirakan lokasi TPU ini dapat menampung 2000 petak makam baru. Ini tentu sangat membantu mengatasi makam yang ada saat ini,”

Felix menambahkan, areal pemakaman di Kelurahan Lahendong, selain telah dilengkapi dengan fasilitas listrik dengan 6 titik lampu penerangan jalan dan air bersih, kedepanya akan dibangun toilet dan bangunan sebagai tempat berteduh saat acara pemakaman.

Selain itu, Felix menyebutkan untuk memperindah di lokasi pemakaman ini akan dibangun sebuah taman bunga dilengkapi dengan papan nama “Cantik Sehat Wanua Lahendong” lengkap dengan lampu. (kim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *