HKN ke-57, Wagub Steven: Alokasi Anggaran Kesehatan Masih Diprioritaskan

Topiksulut.com,Manado-Pemprov Sulut melalui Dinas Kesehatan Daerah menggelar kegiatan pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 dan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerda) di Graha Gubernur Sulut, Rabu 24 November 2021. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw.

Wagub dalam kesempatan tersebut menyatakan jika sektor kesehatan merupakan hal yang harus mendapat perhatian pemerintah daerah. Apalagi Presiden Jokowi meminta agar semua elemen masyarakat harus mendukug program menuju Indonesia Sehat tahun 2024.

Untuk mencapai semua itu, maka Pemprov Sulut akan terus memperhatikan anggaran kesehatan dalam belanja daerah. Bahkan Pemprov Sulut telah mengalokasikan anggaran 10 persen bagi dunia kesehatan dan 20 persen bagi dunia pendidikan sesuai perintah undang-undang.

“Semua elemen kesehatan harus kompak mendukung Program Presiden Joko Widodo, menuju Indonesia Sehat tahun 2025. Makanya selain pendidikan, alokasi anggaran kesehatan adalah prioritas,” jelas Wagub Steven.

Dirinya pun jika HKN ini bisa menjadi momentum intropeksi sekaligus evaluasi dalam menyusun road map menuju Indonesia Sehat. Pemerintah pun akan memujudkan pemerataan pelayanan kesehatan di semua wilayah.

“Kita bersyukur perang terhadap Covid-19 cukup terkendali. Tapi jangan lupa, Covid-19 ini akan terus ada dan kita tidak tahu kapan berakhir,” ungkapnya.

Menurut Kandouw, seluruh pemerintah daerah wajib mengalokasikan anggaran besar untuk meminimalisasi ancaman Covid-19.

“Ingat, jangan terjebak dengan ego sektoral. Sampaikan data apa adanya. Kalau ada masalah lapor ke pemerintah provinsi dan kita cari solusi bersama,” tambah Wagub.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Sulut, dr Debby Kalalo mengatakan jika Rakerda ini juga turut dibahas soal suntinf dan gisi buruk serta pencapaian vaksinasi Covid-19.

“Salah satu juga prioritas yang akan kami bahas pada Rakerda kali ini adalah bagaimana kita berkomitmen bersama dengan seluruh Dinas Kesehatan yang ada di Kabupaten/Kota untuk merealisasi pencapaian 80 persen vaksinasi sampai dengan akhir Desember nanti,” ujar Kalalo

Menurutnya, saat ini pencapaian Vaksinasi di Provinsi Sulawesi Utara berada di 67 persen dan optimis pada akhir Desember nanti dapat mencapai 80 persen.

HKN di Sulut dirangkaikan dengan launching Program Anak Sehat Anak Hebat (ASAH) dan pemberian piagam penghargaan atas capaian berbagai prestasi di bidang kesehatan.(glen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *