Ini Pesan Penting Bupati FDW Di Seleksi JPT Pratama

Minahasa Selatan169 Dilihat

Topiksulut.Com_Di penghujung tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan menggelar seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang di buka langsung oleh Bupati Minahasa Selatan Bpk Franky Donny Wongkar, SH yang didampingi Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt Petra Y Rembang Mth Sekda Minsel Denny Kaawoan SE, Msi selaku Ketua Pansel. bertempat di LT. IV Kantor Bupati Minsel.(6/12/2021)

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan aturan dan pertimbangan sebagai berikut;

  1. Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara.
  2. Peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2020;
  3. Peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 15 tahun 2019 tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.
  4. Surat ketua komisi aparatur sipil negara nomor: b-2107/kasn/6/2021 tanggal 18 juni 2021, perihal rekomendasi rencana seleksi terbuka jpt pratama di lingkungan pemerintah kabupaten minahasa selatan.
  5. Surat ketua komisi aparatur sipil negara nomor: b-4057/kasn/11/2021 tanggal 11 november 2021, perihal rekomendasi rencana seleksi terbuka jpt pratama di lingkungan pemerintah kabupaten minahasa selatan.

Tahapan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama ini tujuannya adalah untuk melaksanakan amanat undang-undang nomor 5 tahun 2014 pasal 103 ayat (3), pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan pns dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hal ini di pandang perlu sehingga dalam pengelolaan manajemen diperlukan tenaga yang siap agar dalam pelaksanaan nya sesuai dengan tupoksinya.

Untuk itu seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama ini akan dilaksanakan oleh panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan tahun 2021 bersama dengan assessor independent untuk penilaian kompetensi (assessment test) peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama terdiri dari 28 (dua puluh delapan) pejabat administrator yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Baca juga:  Dua Unit Rumah Di Modoinding DiLalap Jago Merah

Kegiatan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak; kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 25 november s/d 4 desember 2021, assessment test akan dilaksanakan hari ini, tes penulisan makalah akan dilaksanakan tanggal 7 desember 2021, tes wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 13 & 14 desember 2021, jabatan-jabatan pimpinan tinggi pratama yang akan diisi melalui mekenisme seleksi terbuka ini adalah: kepala dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, inspektur daerah, kepala dinas pangan, kepala badan penanggulangan bencana daerah, kepala badan kepegawaian dan diklat, kepala badan kesatuan bangsa dan politik, asisten administrasi umum.

Sementara itu Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dalam sambutannya menyampaikan perihal capaian vaksin yang menurut informasi dari tim percepatan vaksinasi covid19 tingkat provinsi sulawesi utara jika Minahasa Selatan untuk vaksin dosis 1 sudah mencapai 68% untuk itu Bupati FDW berterima kasih kepada masyarakat yang kesadaran vaksin sudah meningkat namun target di minsel sendiri 75% dengan seluruh camat seminahasa selatan pada pertengahan bulan ini.

Dikesempatan yang sama Bupati FDW mengatakan kalau memang 28 orang terbaik yang punya potensi dan kemampuan, memang seleksi dilaksanakan di bulan desember bulan yang penuh damai biar semua penuh ketenangan ‘’ supaya ngoni jang tegang”. Ujar Bupati FDW

Karena seleksi ini dilakukan dalam rangka pengembangan karir dan kompetensi para ASN, Sementara itu di tengah pelaksanaan Buapati menyinggung persiapan pelaksanaan kegiatan yang tidak maksimal dimana mikrofon tidak jalan dengan baik sehingga ditegur langsung oleh Bupati.

Baca juga:  DPRD Minahasa Selatan Agendakan Rapat Paripurna RPJMD 2021-2026 Dan LKPJ Tahun 2021

“mesti profesional kalo persiapan matang harusnya nda ada yang begini begini lagi so dua kali qt tegur jangan nanti bekeng tako ancam ancam baru mangarti….minta maaf mar sikap sikap bagini gaya bekerja di pemerintahan yang lama sudah jo bawa bawa leh sampe skarang so boleh berubah”Ucap Bupati

Bupati melanjutkan kepada para peserta kalau sudah dapatkan jabatan harus bertanggung jawab apalagi nanti akan ada hak hak yang akan diterima laksanakan kepercayaan dengan sebaik mungkin dan kami berharap yang mendapatkan jabatan ini adalah orang orang yang sudah terbiasa dengan bekerja team karena kalau superman sudah banyak namun superteam akan membuat kita cepat maju berkembang bersama, jangan ada lagi oknum oknum Asn yang masih membawa kebiasaan lama

” jang mo tangani tu bantuan mo lia lia warna sudah jo stop tu bagitu stop jo karna ni oknum oknum ini merusak tatanan pemerintahan yang ada”jelas Bupati

FDW yang dikenal sosok yang tak hanya disiplin pada aturan beliau pun disiplin untuk urusan waktu dan ini sudah terlihat sejak beliau menjabat sebagai wakil bupati hingga beliau telah menjabat Bupati Minahasa Selatan nyaris tak ada yang berubah untuk ketepatan waktu Bupati menjelaskan kepada para peserta saya bersama Wakil Bupati selalu ingatkan untuk fungsi ASN harus selalu di ingat karna saya sendiri seorang politisi sedang Wakil Bupati seorang rohaniawan kami bukanlah asn jadi kami selalu ingatkan untuk menjalankan fungsi yang sesungguhnya,tutup fdw, dan di lanjutkan dengan menyamatan tanda peserta secara simbolis.(Hemsi)