5 Puskesmas Di Sangihe Terakreditasi Utama

Nusa Utara195 Dilihat

Peliput: Fitri Lumiu

TAHUNA
Sebanyak 5 Pusat Kesehatan Masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe sedang mengikuti akreditasi, juga diantaranya ada 2 Rumah Sakit dan 17 Puskesmas di tahun 2023.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Dinkes) Sangihe dr Handry Pasandaran.

“Lima Puskesmas di tahun 2023 ini akan diupayakan naik ke utama diantaranya Tamako, Manganitu, Enemawira, Kuma dan Manalu, kelima Puskesmas ini merupakan Puskesmas rawat inap,” ungkap Pasandaran.

Sementara untuk Puskesmas rawat jalan yakni Puskesmas Tona dan Tahuna barat lanjut dia, juga diupayakan naik utama bahkan bisa sampai paripurna.

“Untuk Puskesmas yang lain seperti di wilayah terpencil, minimimal tetap mempertahankan kelas Madya. Namun jika naik jadi utama itu lebih baik,” ujarnya.

Baca juga:  Tamuntuan Kunjungi Keluarga Istri Korban Nelayan Yang Hilang Melaut

Sementara untuk RS Liun Kendage Tahuna yang saat ini tiga bintang atau madya, kata Pasandaran sedang di upayakan naik utama atau paripurna, dimana syarat yang harus dipenuhi salah satunya minimal minim keluhan.

“Seperti minim keluhan tentang obat, minim keluhan pelayanan tidak memuaskan, lingkungannya bersih, minim keluhan terkait biaya serta memiliki SDM yang baik,” beber Pasandaran.

Mantan Direktur RS Liun Kendage Tahuna ini menambahkan, rencana survey oleh tim penilai atau surveyor akan dilakukan pada semester I tahun 2023 ini, dimulai dari RS dan beberapa Puskesmas tapi sudah terjadwal dari April sampai dengan Desember 2023.

“Jadi sertifikat akreditasi ini juga sebagai persyaratan untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” kuncinya.(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *