Ini Kata Gubernur Olly Terkait Indeks Kerawanan Pemilu di Kegiatan Bawaslu

Berita Utama, Sulut127 Dilihat

Topiksulut.com,Minut-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) membuka sekaligus menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 di The Sentra Hotel Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Minggu 19 Februari 2023 malam.

Rakor IKP ini turut dihadiri secara langsung Anggota Bawaslu RI Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Lolly Suhenty SSos I MH bersama rombongan, Ketua dan Anggota Bawaslu Sulut, anggota Bawaslu kabupaten/kota se-Sulut, Forkopimda Sulut, jurnalis, kader partai politik dan organisasi kemasyarakatan.

Dalam kesempatan ini, Weldy Poli selaku Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Sekretariat Daerah Provinsi Sulut membacakan secara langsung sambutan Pemerintah Provinsi Sulut dalam hal ini Gubernur Olly Dondomambey SE.

Baca juga:  Pimpin Konsolidasi di Minsel, Steven Kandouw Tegaskan Soal Komitmen Satu Garis

Dalam sambutannya, Gubernur Olly memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Bawaslu yang telah menyelenggarakan Rakor ini.

“Ini merupakan suatu keharusan dan upaya kita untuk melaksanakan Pemilu dengan kualitas yang lebih baik lagi. Karena ini kita bisa mengetahui kelemahan dan mengetahui kecenderungan umum pada trend saat ini,” kata Poli.

Pengawasan Pemilu, menurut Poli, telah diamanatkan Undang-Undang dengan kinerja-kinerja pengawasan sekaligus pencegahan kerawanan. Bawaslu selalu adaptif dan objektif.

“Pengawasan dalam pnyelengararan pemilihan serentak di Sulut pada 2019 dibuktikan boleh berlangsung aman, lancar, taat aturan, bebas, dan suskes,” tuturnya.

Poli juga menyampaikan, meskipun berdasarkan IKP, Sulut berada pada relatif tinggi pada penyelenggaraan Pemilu 2019 yang bebas dan demokrasi.

Oleh karenanya, sebaiknya masyarakat tidak larut dalam kesenangan semata, namun harus mencegah kerawanan Pemilu di tahun 2024 mendatang, kelancaran, kepatuhan dan kesuksesan.

Baca juga:  Sekkot : Penerapan SPIP Tidak Hanya Memenuhi Ketentuan Peraturan

“Dengan pelaksanaan Rakor ini, kita bisa satu persepsi, kita satu komitmen, kita tetap kokoh. Kedepan kita menyukseskan Pemilu, Pemilu berkualitas, bermartabat, taat asas, aturan, aman dan damai,” ucapnya.

Dalam sambutan tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dalam konteks partisipasi menuju pemilihan umum yang berlandaskan amanat Undang Undang Dasar Tahun 1945.

“Saya mengajak kita semua bersemangat, teguh dalam tekad dan aktif. Memiliki integritas, solidaritas dalam bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memberikan kontribusi yang positif untuk menuju kemakmuran dan kesejahteraan,” ajak Gubernur.(glen/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *