Penulisan Media Massa Dapat Sorotan Dari Balai Bahasa

Berita Utama, Sulut199 Dilihat

Topiksulut.com,Manado-Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dalam pemberitaan di media massa, mendapat sorotan dari UPT Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Untuk mendapatkan wawasan penggunaan bahasa Indonesia yang baik, maka Balai Bahasa melaksanakan kegiatan penyuluhan Bahasa Indonesia bagi media massa di Hotel Luwansa, Jumat 9 Juni 2023.

Kepala Balai Bahasa, Januar Pribadi mengatakan, bahasa tidak lagi sekadar sarana pengantar pesan, melainkan menjadi wacana masyarakat ketika menempatkan perspektif atas realitas. Namun sayangnya, saat ini masih sering dijumpai kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai media massa.

“Tentunya hal ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama dan kami selaku UPT dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang memiliki
tugas pokok dan fungsi dalam hal pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa agar media massa bisa menggunakan menggunakan dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia,” jelasnya.

Baca juga:  Jamu Baleg DPR RI, Wagub Apresiasi Sosialisasi UU Kekarantinaan Kesehatan

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari hingga Sabtu 10 Juni 2023 ini, para wartawan pun diberikan penggunaan bahasa Indonesia dengan tujuan menciptakan berita yang mudah dimengerti oleh masyarakat tanpa mengesampingkan penggunaan struktur bahasa yang sesuai kaidah atau aturan yang baik dan benar.(glen)