Keselamatan Publik Jadi Prioritas: Kapolres Minahasa Minta Masyarakat Hindari Provokasi Pasca Bentrok di Bitung

Berita, Minahasa259 Dilihat

TopikSulut.com

MINAHASA – Pasca insiden bentrok antar kelompok di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Minahasa, AKBP Ketut Suryana SIK SH MM, memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga ketenangan dan menghindari terprovokasi.

Kapolres Ketut, setelah memimpin pengawalan pemakaman Almarhum Tonaas Elvis Wagey di Kelurahan Watulambot, Kecamatan Tondano Barat pada Senin (27/11/23) sore, menyampaikan bahwa situasi keamanan di Minahasa saat ini dapat dianggap aman dan terkendali. Namun demikian, ia menekankan pentingnya agar masyarakat tidak mudah terpancing atau terprovokasi oleh situasi saat ini.

“Dalam menghadapi hal-hal mencurigakan yang berpotensi memicu provokasi, laporkan segera kepada pihak kepolisian. Saya yakin situasi keamanan di Minahasa tetap stabil,” ujar Kapolres.

Ketut juga menyoroti banyaknya postingan di media sosial yang dapat memicu ketegangan. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak memperkeruh suasana dengan saling komentar terhadap konten provokatif. Menurutnya, memelihara rasa persaudaraan dan toleransi di Sulawesi Utara, khususnya Minahasa, menjadi hal yang sangat penting.

Terhadap permasalahan di Kota Bitung, Kapolres mengungkapkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait. Bahkan, koordinasi sudah dilakukan sebelum munculnya masalah ini.

“Dalam setiap kesempatan, kami berkoordinasi dengan Pj Bupati, pemerintah kecamatan, kelurahan, hingga desa,” tambahnya.

Menyikapi tahapan kampanye Pemilu 2024, Kapolres menegaskan perlunya persiapan pengamanan lebih lanjut. Kerjasama dengan pihak TNI, pemerintah, dari tingkat kecamatan hingga desa, menjadi langkah strategis guna memastikan jalannya tahapan kampanye dengan aman.

“Kami merasa bertanggungjawab terhadap situasi keamanan di wilayah masing-masing. Selama pengawalan pemakaman Almarhum Tonaas Elvis Wagey, kami melibatkan lebih dari 150 personil kepolisian, termasuk dari TNI Kodim 1302 Minahasa,” pungkas Kapolres Ketut Suryana.

#Jr