KPU Sangihe Lantik dan Ambil Sumpah 398 Petugas Pantarlih

Nusa Utara547 Dilihat

TAHUNA

Komisi Pemilihan Umum (KPU), Daerah Kepulauan Sangihe melantik dan mengambil sumpah 398 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pilkada serantak bulan November nanti.

Pelantikan yang berlangsung di Tahuna Beach Hotel dan Resort. Senin, (24/06/2024). Juga dihadiri unsur Firkopimda Sangihe.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Absan Tahendung, yang memandu pengucapan sumpah dan melantik para petugaa Pantarlih ini berharap para petugas Pantarlih dapat melaksanakan tugas dan 5ltanggung jawab dengan baik.

“Selamat kepada bapak ibu Pantarlih yang baru saja dilantik, kiranya dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik, sebagai garda terdepan mengawal demokrasi, sekali lagi bapak ibu adalah pasukan terdepan dalam pelaksanaan tugas pemutakhiran data pemilih,”ucapnya.

Baca juga:  Ketua Pertina Sulut Buka Penataran Pelatih Daerah Tingkat Dasar

Absan juga menekankan harapannya agar proses pemutakhiran data pemilih berjalan lancar dan akurat. Data yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berupa Data Kependudukan dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) akan dimutakhirkan oleh KPU, dan Pantarlih memiliki tanggung jawab untuk mencocokkan serta meneliti data tersebut melalui proses coklit (pencocokan dan penelitian).

“Data yang diterima dari Kemendagri yaitu Data Kependudukan dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) itulah data yang dimutakhirkan oleh KPU, dan tugas Pantarlih yang memutakhirkan data itu dengan cara coklit, penelitian dan pencocokan data pemilih yang ada di DP4,”jelas Absan.

Absan berharap tidak ada lagi data ganda atau nama orang yang sudah meninggal dalam daftar pemilih. Selain itu, ia mengingatkan pentingnya memutakhirkan data pemilih yang akan berusia 17 tahun pada tanggal 27 November 2024.

Baca juga:  Gubernur Olly Dondokambey Resmikan Gedung Polnustar di Sangihe

“kami berharap tidak ada lagi data yang ganda, tidak ada lagi orang meninggal yang masuk di daftar pemilih, itu tujuannya untuk memutakhirkan data, kemudian bagi usia yang sudah 17 tahun pada tanggal 27 November 2024 juga tugas Pantarlih untuk memutakhirkan datanya,” tambahnya.

Pelantikan juga ditandai dengan penyerahan atribut kepada perwakilan petugaa Pantarlih secara simbolis oleh Ketua KPUD Sangihe. Dengan dilantiknya dan diserahkanya atribut kepada petugas Pantarlih maka mereka siap untuk melaksanakan tugas.

Diketahui bersama, proses coklit serentak di seluruh Indonesia dilaksanakan pada hari ini, Senin (24/6/2024) pukul 16.00 WITA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *