Mantiri : Lomba Kelurahan Adalah Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dan Peningkatan Motivasi

Berita Utama, Bitung184 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Wakil Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri mengatakan, pelaksanaan lomba kelurahan merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakar dan peningkatan motivasi.
Hal itu dikatakan Mantiri saat menghadiri kegiatan pelaksanaan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulut
Jumat, (9/6) di kelurahan Batulubang, Kecamatan Lembeh Selatan, didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Dra. Khouni Lomban-Rawung, M.Si bersama Ketua DWP Kota Bitung Ny. dr. Rinny Pangemanan-Tinangon, Asisten 1 pemkot Bitung, Drs Oktavianus Tumundo serta Camat Lembeh Selatan, Mex Mapahena, S.SIP.
Dalam sambutannya, Mantiri mengatakan, lomba kelurahan merupakan upaya memberdayakan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi masyarakat dan swadaya gotong-royong masyarakat yang ada di Desa dan Kelurahan, yang harus dilakukan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.
“Lomba kelurahan pada hakekatnya adalah sebagai salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri yang sekaligus mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa dan kelurahan selama kurun waktu dua tahun dalam wujud peningkatan kualitas hidup ekonomi, politik, sosial dan budaya serta keamanan dan ketertiban yang secara hukum diatur dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan”, ungkap Mantiri.
Mantiri juga menambahkan, momentum ini juga sebagai sarana pembinaan sekaligus dalam upaya mendorong usaha pembangunan masyarakat, desa dan kelurahan agar masyarakat termotivasi untuk mengembangkan dan meningkatkan partisipasinya dalam memajukan desa dan kelurahan sesuai dengan program/kegiatan yang dilaksanakan.
“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kota Bitung aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan ini dan ada beberapa kelurahan yang diutus oleh Kota Bitung pada tahun-tahun sebelumnya berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Olehnya kam berharap prestasi ini dapat diraih juga oleh kelurahan Batulubang pada tahun 2017,” harap Mantiri.
Lanjutnya lagi, meskipun demikian sebagai Pemerintah Kota menyadari bahwa hal ini tidaklah mudah karena membutuhkan kerja keras dan kerja sama yang solid dari semua unsur yang ada di Kelurahan Batulubang. “Tapi saya percaya, dengan tekad yang disertai rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi dari semua komponen anak bangsa yang ada di Kelurahan ini, maka kelurahan Batulubang pun dapat meraih prestasi yang gemilang untuk mengharumkan nama Kota Bitung di tingkat Provinsi Sulawesi Utara,” terang Mantiri.
Turut hadir, Tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi Sulut, Roy Mewoh, para pejabat dilingkup Pemkot Bitung, para camat dan lurah, para pemuka agama, tokoh masyarakat, kapolsek Lembeh Selatan, serta para masyarakat. (hzq)
 

Baca juga:  Toemandoek Terima Penghargaan Adhi Purna Prima Award Untuk Gubernur Sulut