Lomban Dianugerahi Penghargaan Inspirator Pembangunan Daerah 2017

TopikSulut,Bitung- Walikota Bitung, Max Lomban, SE MSi, Kamis (15/6) dianugerahi penghargaan inspirator pembangunan daerah dari Pusat Kajian Keuangan (Pusaka) Negara, di hotel Redtop Jakarta.
Pemberian penghargaan ini diberikan kepada Lomban bersama 20 walikota lainnya di Indoneaia, karena dinilai berhasil dan memiliki jiwa pembangunan daerah yang inspiratif. Penghargaan ini beterpatan dengan momen 21 tahun pelaksanaan otonomi daerha (Otda). Karenanya, Puska memberikan apresiasi terhadap 21 kepala daerah yg dianggap mampu menjadi inspirator pembangunan daerah.
Apresiasi dan penghargaan tersebut, diserahkan oleh Mendagri, Tjahjo Kumolo.
Direktur eksekutif Pusaka Negara, Prasetyo mengatakan, para kepala daerah tersebut dipandang memiliki inovasi, terobosan, dan gagasan, sehingga mampu menginspirasi elemen pemerintahan maupun masyarakat dalam membumikan otda. “Melalaui semangat Nawacita Presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari daerah dan pinggiran, Pusaka Negara memberikan apresiasi itu sebagai wujud penghargaan agar para kepala daerah terus semangat dalam mengabdi kepada masyarakat,” ujar Pras.
Lanjutnya juga, dari 21 kepala daerah yg menerima penghargaan, 90 persen berasal dari bagian timur Indonesia. “Secara khusus Pusaka Negara melakukan wawancara mendalam dengan mendatangi para kepala daerah, terutama wilayah timur Indonesia dengan semangata perataan pembangunan yang sedang gencar dicanangkan oleh pemerintah,” ungkapnya.
Hadir juga dalam acara tersebut, wakil ketua BPK-RI, Bahrullah Akbar, rektor IPDN, Ermaya Suradinata, serta para peneliti dan akademisi. Turut mendampingi Lomban, Ketua TP-PKK Kota Bitung, Khouni Lomban-Rawung, Kaban Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, Ferdinan Tangkudung, Kadis Kesehatan dr Franki Soriton, MPHM, Kabag Humas dan Protokol Pingkan Kapoh, SP, dan Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Riano Senduk. (Hzq)