Optimis Didukung Golkar, Demokrat dan PAN, JS Bangun Koalisi Besar di Pilbup Mitra

MITRA, topiksulut.com-Calon Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) petahana James Sumendap SH, menyatakan rasa optimis akan di dukung Partai Golkar, Demokrat dan PAN dalam perhelatan politik menentukan orang nomor satu Mitra 2018-2023 mendatang.

Politisi andal Moncong Putih, yang di pastikan akan di usung tunggal PDI Perjuangan sebagai calon bupati, memastikan, jika beberapa partai politik ini intens membangun komunikasi dengannya. “Kalau Golkar, Demokrat dan PAN akan menganut sistem survey untuk mentapkan calon, maka saya pastikan mereka akan mendukung saya, yang dalam survey masih yang teratas,” ujar JS, disela-sela kunjungan kerja di Kecamatan Belang, akhir pekan lalu.

Meski yakin akan dudukung kekuatan koalisi partai besar di Mitra, namun Mantan Anggota DPRD Sulut dua periode ini, mengatakan, akan menyurat secara resmi ke pimpinan partai masing-masing. “Nanti saya dalam waktu dekat akan mengirim surat permohonan ke Ketua Umum Partai Golkar, Demokrat dan PAN. Surat ini berisi meminta para pimpinan partai untuk bisa menetapkan saya untuk dicalonkan. Alasannya, ya melihat hasil-hasil survey yang ada dimana menempatkan saya teratas. Tapi saya yakin para pimpinan partai ini akan merespon dengan baik, hingga saya bisa didukung bersama. Yang pasti hubungan kami sudah jalan, tapi nanti kita lihat saja hasilnya,” jelas JS.

Baca juga:  Lantik Kepala Kantor Regional XI BKN Manado, Gubernur Harap Adanya Sinergitas Penuh

Rasa optimis JS untuk mendapatkan dukungan dari beberapa partai yang memiliki kursi yang besar di DPRD Mitra, yakni Golkar dengan 4 kursi, Demokrat 4 kursi dan PAN 3, membuktikan Ketua DPC PDIP Mitra ini akan membangun kekuatan koalisi besar menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Bupati Mitra, Juni 2018 mendatang.

Hanya saja, ada yang ditunggu warga Mitra, termasuk para elit-elit partai, bahkan para figur-figur yang ingin mencalonkan diri. Hal itu terkait siapa yang akan menjadi pendamping sebagai wakil bupati.

Pasalnya, hingga berita ini ditulis, JS sendiri belum mau membocorkan pasangan yang akan mendampinginya.

Ada beberapa nama yang sudah mulai santer beredar yang punya kans, mulai dari kalangan intetnal PDIP seperti, Semuel Montolalu SH selaku Sekretaris PDIP Mitra, Drs Taviv Watuseke, Wakil Ketua PDIP Mitra yang juga Ketua DPRD Mitra, dan ada mama Vocke Ompi yang dikenal Anggota DPRD dan dipercaya Ketua Fraksi PDIP. Namun, nama-nama ini juga belum fin dipilih sang aktor politik di partai besutan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.

Baca juga:  Buka Kejurnas Soft Tenis di KONI Manado, Gubernur Harap Tim Sulut Menciptakan Prestasi Baru

Nama lain yang mencuat dan punya peluang besar dari luar partai, yakni nama birokrat andal Mitra, Dr Welly Munaiseche. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Mitra ini, disebut-sebut punya peluang, sebab menjadi representasi atau perwakilan suku Tonsawang. Namun semua berpulang dari naluri politik JS. Apakah memilih Munaiseche atau nama-nama di internal partai, atau munkin saja ada nama lain yang tak terduga. (egen)