Hadiri Rakor HLM Sulut, Mantiri Optimis Inflasi Jelang Lebaran Dapat Dikendalikan

Berita Utama, Bitung212 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Wakil Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri, MM yakin pemerintah dapat mengendalikan inflasi jelang Lebaran.

Hal itu dikatakan Mantiri saat menghadiri rapat koordinasi High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Senin (20/5/2019).

Dalam rapat yang dibuka Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey tersebut, Mantiri mengatakan bahwa Pemerintah Sulawesi Utara sangat optimis dalam menghadapi hari raya Idul Fitri. “Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulut mampu mengendalikan inflasi utamanya dalam pengendalian ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga,” ujar Mantiri meneruskan sambutan Gubernur.

Menurut Mantiri, Gubernur juga mengingatkan TPID untuk mewaspadai gejolak harga bawang, rica, tomat (barito) yang biasa terjadi menjelang Idul Fitri dan perayaan keagamaan lainnya.

Baca juga:  Melalui Bapenda Sulut, Pemprov Salurkan Dana Bagi Hasil Pajak Provinsi

Seperti daerah lain di Sulawesi Utara, Kota Bitung sendiri turut merasakan naiknya harga cabai. Untuk itu kata Mantiri, pmerintah Provinsi Sulawesi Utara akan mendatangkan pasokan cabai dari Surabaya. “Hal ini untuk menstabilkan harga cabai yang sempat menyentuh harga 120 ribu rupiah per kilogram,” tandasnya.

Meski demikian pesan Gubernur, kata Mantiri, intervensi tersebut dilakukan tetapi tidak akan merugikan petani dan pedagang di Sulawesi Utara. “Nantinya ketika harga sudah stabil maka pasokan dihentikan,” pungkasnya­.(hzq)